Telat Bayar Pajak,Dapat Surat Dari SAMSAT

Kemarin sore sepulang dari kerja dan baru sampai di rumah,langsung disodorin sebuah surat dari anak lelaki saya. Setelah saya lihat ternyata surat tersebut dikirim oleh kantor SAMSAT dimana kendaraan saya tercatat.
Surat pemberitahuan dari samsat untuk pembayaran kendaraan bermotor
Surat pemberitahuan dari samsat untuk pembayaran kendaraan bermotor
Surat ini dikirim oleh kantor samsat Provinsi Jawa barat wil kabupaten Bekasi dimana data motor saya tercatat disitu. Setelah saya baca,ternyata isi surat tersebut adalah pemberitahuan bahwasanya motor vario saya sudah terlambat bayar pajak (PKB) untuk tahun 2019

Saya juga sempat kaget kalau ternyata sudah terlambat bayar,karena seingat saya untuk motor vario ini pajaknya diantara tanggal 23 November 2019.Namun ternyata pajak motor saya sudah berakhir di tanggal 14 november.Jadi terhitung sudah terlambat selama 12 hari sampai saya terima surat tersebut pada tanggal 26 November 2019.

Dalam surat tersebut dituliskan bahwa surat dibuat pada tanggal 12 November atau 2 hari sebelum masa pajak kendaraan saya berakhir. Tapi baru saya terima kemarin tanggal 26. Entah mampir dimana dulu itu surat. Padahal  jarak tempuh dari rumah saya ke kantor samsat dengan memakai motor paling lama 1 jam sudah sampai.Tapi ini sampai 14 hari baru saya terima.

Isi dari surat tersebut adalah sekedar pemberitahuan bahwasanya masa pajak motor vario saya akan segera berakhir dalam 2 hari kedepan. Dan diberitahukan agar segera membayar PKB di samsat terdekat dengan membawa surat tersebut. 
Tidak ada rincian biaya yang harus saya bayarkan,mungkin nanti akan diberitahu oleh petugas di kantor samsatnya.

Itu adalah pemberitahuan sebelum masa berakhir. Saya tidak tahu apakah kalau sudah telat membayar juga akan dikirimkan surat,atau memang hanya bertujuan sebagai pengingat saja bahwa masa berakhir pajak sebentar lagi.

Setidaknya ini untuk membantu mengingatkan juga bagi pemilik kendaraan agar tidak lupa membayar pajak. 
Surat ini juga baru saya terima pertama kali di tahun ini (2019).
Mungkin ada perubahan sistem dari kantor samsatnya.

Karena sudah mendapatkan surat,maka dalam minggu ini saya berencana untuk membayar pajaknya. Semoga saja biaya dendanya tidak banyak.

Post a Comment for "Telat Bayar Pajak,Dapat Surat Dari SAMSAT"