Xenia 1000cc Ga Kuat Nanjak Extrim. Benarkah?

daihatsu xenia 1000cc 2011
daihatsu xenia 1000cc 2011
Xenia adalah salah satu produk yang dikeluarkan oleh pabrik mobil astra daihatsu. Pada awal kemunculanya daihatsu memproduksi mobil tersebut xenia dengan dua type yaitu dengan mesin 1000cc dan 1300cc. Kini daihatsu telah memproduksi juga mobil xenia yang bermesin 1500cc namun dengan quantity terbatas.

Pada awal diluncurkanya,xenia dengan mesin 1000cc kategori MPV ini diklaim sangat cocok untuk mobil keluarga dengan harga yang murah dengan konsumsi bbm nya yang irit serta dengan sistem penggerak belakang yang mampu digunakan untuk tanjakan curam.

Namun tidak serta merta semua orang percaya dengan yang disampaikan marketing daihatsu tersebut. Banyak alasan dan argumen yang dikemukakan,salah satunya adalah karena cc nya yang kecil untuk jenis mobil MPV 7 penumpang. 

Banyak dari mereka yang meragukan tenaga mobil ini,dan hal itu juga menyihir opini banyak orang. Dari yang belum pernah mengendarainya sendiri hingga yang belum pernah punya mobil dan awam masalah otomotif sekalipun. 

Diartikel ini saya akan berbagi pengalaman saja tentang mobil daihatsu xenia dengan kapasitas mesin 1000cc yang saya beli dari baru.

Saya adalah pengguna daihatsu xenia 1000cc sejak tahun 2011 lalu dan terhitung sampai hari ini kurang lebih sudah 9tahun saya memakainya untuk aktifitas sehari hari dan sering saya paki untuk luar kota. Terakhir untuk udik kesurabaya melalui toll trans jawa

Untuk masalah konsumsi bahan bakar yang irit,memang tidak selamanya benar,karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Jika kondisi jalan datar,penumpang tidak full dan dengan kaki kanan yang sudah sekolah,maka xenia 1000cc boleh dibilang irit banget. Apalagi kalau ditambah tidak menggunakan AC dan kondisi mobil masih standart dari pabrik, belum ganti velg lebih besar dan lain lain.

Itu untuk konsumsi bahan bakarnya.Untuk melibas tanjakan curam bagaiamana? apakah kuat ?

Jangan khawatir,daihatsu xenia 1000cc saya ini sudah saya buktikan beberapa kali melewati tanjakan extrim di pulau jawa dan belum pernah sekalipun mobil saya mogok atau mundur karena tidak kuat naik karena cc mobil kecil.

Terpenting mobil kita harus sehat,ganti oli mesin secara berkala,ganti oli transmisi dan oli gardan,cek kampas kopling,dan lain lain jangan sampai telat.

Berikut ini beberapa tanjakan extrim yang pernah saya lalui menggunakan mobil xenia 1000cc saya :

  • Jalur subang menuju lembang dan tangkuban perahu. 
  • Jalur puncak bogor
  • Jalur jonggol sampai cianjur
  • Jalur ciwidey yang terkenal jalanya berkelok dan naik serta wisata kawah putih.
  • Jalur caruban tawangmangu dari magetan ke solo dan sebaliknya
  • Jalur wisata air panas pacet dan Air terjun Dlundung trawas mojokerto jawa timur
  • Mendaki ke kaki bukit merapi boyolali. Ini ketika kemarin saya mudik dan mampir ke wisata tikungan cinta di boyolali.

Dan beberapa jalur tanjakan lain yang belum saya sebutkan.

Pada intinya,kita harus mengenal dahulu karakter mobil kita dan tentunya skill driver juga berpengaruh. Jika dengan mobil ber-cc kecil seperti xenia 1000cc ini ya perlakuanya beda dengan mobil dengan cc lebih besar.

Beberapa saran saya yang mungkin bisa anda pakai ketika melewati tanjakan extrim dengan xenia 1000cc adalah seperti berikut :

  • Kalau memungkinkan,lakukan ancang ancang sebelum mobil tepat memulai tanjakan yaitu melaju dengan kecepatan lebih cepat untuk membantu agar mobil tidak terlalu berat diawal tanjakan.
  • Jika ditengah tanjakan dirasa tenaga mobil berkurang, sebaiknya matikan pendingin udara atau ac mobil anda agar beban mobil menjadi berkurang.
  • Jika di tanjakan extrim,sebaiknya gunakan gigi 1 dan tidak perlu diinjak gas dalam dalam. Karena xenia 1000cc ini Rpmnya cenderung lebih tinggi. Jadi kendalikan gas dengan benar yang penting mobil tetap kuat melaju ke atas dengan aman.

Bagaimana kalau di tengah tanjakan extrim tiba tiba berhenti atau terjadi kemacetan? Silahkan baca disini

Diatas adalah beberapa trik yang saya pakai selama mengendarai xenia 1000cc melibas tanjakan dan terbukti sampai sekarang mobil masih aman dan belum pernah sekalipun mundur karena ga kuat.

Jadi buat anda yang berniat meminang mobil daihatsu xenia 1000cc ini tidak perlu khawatir yang berlebihan.