Sistem Penggerak Roda Depan vs Belakang (Kelebihan dan Kekurangan)

Kelebihan dan kekurangan system penggerak roda depan vs belakang

Sebelum anda membeli mobil baru,cari disini perbandingan penggerak roda depan (FWD) dan penggerak roda belakang (RWD).Beberapa mobil keluarga (MPV) keluaran terbaru banyak yang menggunakan penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD) dan masih ada juga yang menggunakan penggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD).

Contoh mobil dengan penggerak roda depan antara lain,Honda Mobilio,Ertiga dari suzuki,Nissan mengeluarkan Grand Livina,Wuling dengan confero,dan lain2.Sedangkan dari  Astra dengan xenia dan avanza masih tetap bertahan dengan penggerak roda belakang.

Inilah perbedaan serta kekurangan dan kelebihan masing masing type.
Pict from google
Penggerak roda depan (FWD)

Kelebihan :

1.Biaya produksi pembuatan mobil lebih murah dengan kategori yang sama untuk mobil berpenggerak roda belakang.Hal ini disebabkan sparepart sistem ini lebih sedikit dan pemasangan drivetrain lebih mudah.

2.Berat mobil lebih ringan karena ditiadakanya gigi transmisi dan poros gardan untuk menyalurkan power roda.

3.Hemat bahan bakar karena dengan mobil yang lebih ringan akan mengurangi konsumsi bahan bakar dan karena  untuk menyalurkan daya keroda lebih pendek atau lebih cepat.

4.Traksi dijalan licin lebih baik karena roda depanlah yang menarik roda belakang bukan sebaliknya dan berat mobil yang berada didepan akan membantu traksi

5.Penyaluran tenaga lebih efisien, sehingga laju mobil lebih gesit dan responsif.  Hal ini karena poros roda langsung terhubung dengan transmisi

6.Mobil lebih nyaman ditumpangi, karena penumpang tak terganggu dengan getaran dan suara bersisik yang dihasilkan oleh propeler shaft dan diferential.

7.Cocok untuk city car atau perkotaaan

8.Mobil lebih nyaman ditumpangi, karena penumpang tak terganggu dengan getaran dan suara bersisik yang dihasilkan oleh propeler shaft dan diferential

9.Ground clearance bisa lebih pendek

Baca juga : Cara menghilangkan karat pada chrome
                 : Cara menyetel ketinggian sinar headlamp
Kekurangan

a.      Roda depan lebih cepat aus, karena roda depan menjadi berfungsi ganda, yaitu sebagai penggerak dan pengendal

b.      Lebih sulit parkirnya, terutama pada saat parkir pararel yang sempit. Karena radius belok ban lebih terbatas akibat drive shaft

c.       Sistem  kemudi dan sistem dari mesin dan penggerak menjadi satu pada roda depan. Hal ini menyebabkan rangkaian suspensi pada bagian depan lebih rumit.Akibatnya, kerja komponen suspensi dan kemudi bekerja lebih berat, sehingga lebih cepat mengalami keausan.

d.      Rawan akan kerusakan as roda jika anda melewati jalanan rusak tanpa sengaja dengan kecepatan lumayan tinggi, serta ongkos perbaikan as roda juga lebih mahal

e.      Lebih susah dikendalikan saat mengangkut beban berat.

f.        Kurang bertenaga dijalan tanjakan

g.      Mobil rawan selip pada saat akan menikung, karena ban depan menerima beban yang lebih besar pada saat melakukan pengereman. 

h.       Roda depan lebih cepat aus, karena roda depan menjadi berfungsi ganda, yaitu sebagai penggerak dan pengendali.

Penggerak roda belakang (RWD)

Kelebihan

a.      Desain penggerak mobil sangat sederhana terutama design dari as roda, kokoh dan kuat. Walapun sering digunakan di jalanan yang rusak

b.      Ruangan bagian mesin lebih longgar

c.       Biaya perbaikan as roda lebih murah

d.      Lebih mudah dikendalikan saat mengangkut beban berat.

e.      Lebih bertenaga di jalan tanjakan karena tenaga yang didapat dorongan bukan tarikan

f.        Cocok untuk mobil bermuatan dan dijalan pegunungan yang naik turun

g.      Lebih mudah saat mobil diparkir, karena derajat putar roda tidak dibatasi oleh drive saft. 

Baca juga : Cara mengatasi gluduk pada roda belakang
                   : Cara pasang filter ac kabin mobil

Kekurangan

a.      Konsumsi bahan bakar lebih boros karena berat mobil bertambah.

b.      Kurang mendapat traksi di saat kondisi jalan licin karena hujan atau berpasir. Hal ini disebabkan karena daya dorong mobil berada di roda belakang

c.       Akselerasi lebih lambat dibanding penggerak depan

d.      Mesin lebih sering kehilangan tenaga, karena harus melalui beberapa mekanisasi sebelum menggerakkan roda belakang

e.      Mobil penggerak belakang bentuknya lebih tinggi dan bongsor, jadi kalah sporty dengan mobil penggerak depan.

f.        Ground clearance tinggi karena ada gardan

Pemilihan mobil dengan sistem penggerak rodan atau belakang ditentukan oleh cara kita mengemudi,kualtas jalan yang dilalui,penumpang yang sering kita bawa dalam mobil,serta harapan terbesar kita dari sebuah mobil.Setelah saya uraikan perbandingan dari kedua system penggerak tersebut anda sudah bisa putuskan untuk membeli mobil dengan penggerak depan atau belakang.Atau boleh juga beli keduanya supaya lebih tau perbedaanya

1 comment for "Sistem Penggerak Roda Depan vs Belakang (Kelebihan dan Kekurangan)"

willykk October 21, 2017 at 5:17 PM Delete Comment
1 lagi, RWD rutin ganti oli gardan meski agak lama.

dulu pernah pake FWD city car, gampang rusak kaki2 depannya. beda sama RWD, jalan rusak ga pernah ngerem asik hajar