Penyebab Dan Cara Mengatasi Semprotan Wiper Mobil Yang Mampet

Beberapa tahun ini cuaca diindonesia seperti tidak bisa diprediksi kapan musimnya kemarau dan kapan musim penghujan.Beberapa panas terik namun tiba tiba saja hujan. Dan ternyata ketika anda menyalakan tuas wiper tiba tiba saja air wiper tidak menyemprot keluar dari nozzle wipernya. Bisa karena mampet atau hal lainya.
Penyebab dan cara mengatasi nozzle air wiper macet
Nozzle air wiper macet
Wiper akan kita perlukan untuk menyapu genangan air pada kaca depan atau belakang mobil anda supaya air menjadi kering dan pandangan jelas.Karena jika kita menyalakan wiper pertama kali tanpa dibarengi dengan semprotan air,permukaan kaca bisa menjadi kusam,tergores atau scratch akibat adanya kotoran yang menempel pada kaca yang tersapu oleh karet wiper.

Lalu sudahkah anda mengecek kondisi wiper mobil anda supaya siap digunakan sewaktu waktu? Beberapa hal dibawah ini perlu anda perhatikan supaya kinerja wiper tetap berfungsi dengan baik dan normal ketika tuas wiper kita hidupkan.

1.Tuas wiper
Periksa apakah tuas wiper masih berfungsi dengan baik ketika diputar keposisi on. Jika tuas wiper diputar namun air tidak keluar,bisa jadi ada bagian pada tuas wiper yang bermasalah. Jika tuas wiper berfungsi normal,maka lakukan pengecekan berikutnya dibawah ini.
2.Air Wiper
Hal yang harus anda perhatikan dan selalu cek adalah kondisi air wiper pada tampungan. Pastikan bahwa volume pada tangki wiper ini terisi sesuai dengan aman dan jangan sampai habis.Karena ketika kita menyalakan wiper tanpa air bisa mengakibatkan wiper cepat rusak,kaca mobil bisa tergores dan lain lain. Gunakan air wiper sesuai yang direkomendasikan
3.Selang wiper
Periksa pada semua selang wiper apakah ada sambungan yang terlepas atau ada bagian selang yang rusak.Urutkan pengecekan mulai dari tangki tampungan air wiper sampai ke bagian nozzle wipernya dan pastikan semua sambungan terhubung dengan sempurna.

4.Nozzle wiper
Pengecekan yang ketiga adalah pada bagian nozzle wipernya yang terletak diatas kap mesin atau pada bagian list dibawah kaca depan. Periksa dan pastikan lubang pada nozzle wiper ini tidak tersumbat atau mampet. Anda bisa menggunakan jarum atau peniti untuk mengeceknya dan memastikan lubang nozzle nya lancar. Jika rusak anda bisa menggantinya. Cara mengganti nozzle wiper baca disini atau lihat video dibawah
Video cara ganti nozzle wiper mobil
5.Motor wiper
Periksa pada bagian motor wipernya apakah motor berbunyi ketika tuas wiper dinyalakan. Jika motor tidak berbunyi seperti dengung,ada kemungkinan motor wiper ada masalah. Anda bisa membongkarnya dan memeriksa komponennya satu persatu untuk mengetahui bagian yang rusak,atau bisa juga dengan mengganti dengan motor wiper yang baru.

6.Air Bersih
Gunakan air yang bersih untuk mencampur air wiper dan mengisi tampungan tangki air wiper supaya tidak ada kotoran yang menghambat saluran wiper.
Demikian tips cara mengatasi atau memperbaiki air wiper mobil yang mampet dari . Semoga bermanfaat.