Kupas Tuntas Jenis Helm yang Wajib Anda Ketahui


Otomotif tidak hanya kendaraan, tetapi perlengkapan pada kendaraan juga termasuk otomotif. Helm menjadi salah satu dari otomotif. Terdapat banyak Jenis Helm yang dijual di pasaran. Helm walaupun hanya perlengkapan kendaraan, namun helm ini cukup penting fungsinya. 

Bagi Anda yang belum mengetahui bahwa helm memiliki banyak jenis, maka Anda wajib membaca artikel ini. Dengan mengetahui jenis dari helm, Anda dapat membeli helm sesuai keinginan Anda. 

Jika Anda selama ini berpikir bahwa helm hanya memiliki satu jenis, maka pemikiran Anda selama ini tidaklah benar. Helm yang merupakan otomotif ini terdapat beberapa jenis layaknya kendaraan motor atau mobil. Jadi, Anda perlu mengetahui Jenis Helm sebelum memutuskan untuk membeli sebuah helm. 
jenis dan type helm
Jenis dan type helm 
Apa sajakah jenis-jenis helm? Simak penjelasan berikut ini yang akan mengupas tuntas jenis-jenis helm. 

Baca juga : Tips agar helm tidak bau

Jenis Helm Half Face
Jenis Helm Half Face yang pertama yang perlu Anda ketahui adalah helm half face. Jenis helm yang satu ini mungkin sudah familiar bagi Anda. Sebagian besar di Indonesia menggunakan helm dengan jenis yang satu ini. 

Helm dengan jenis ini akan melindungi bagian kepala Anda yaitu bagian belakang kepala, bagian atas kepala dan bagian samping kepala. Untuk bagian depannya hanya berupa kaca atau visor yang menutupi wajah. 

Helm jenis yang satu ini merupakan jenis helm yang paling umum digunakan dan dianjurkan untuk pengendara motor. Hal ini dikarenakan helm jenis yang satu ini dapat memproteksi kepala Anda dengan baik. Bagi Anda yang hanya berkendara di dalam kota, ada baiknya Anda memilih helm jenis ini.

Baca juga : Tips memilih helm yang aman dan nyaman
                     : Cara mengganti shockbreaker belakang honda vario

Jenis Helm Full Face
Kategori Jenis Helm Full Face berikutnya yang wajib bagi Anda ketahui adalah jenis Helm Full Face. Helm jenis yang satu ini biasanya lebih identik laki-laki. Hal ini dikarenakan helm yang satu ini lebih banyak dibeli dan digunakan para lelaki terutama bagi laki-laki menggunakan motor gede. 

Seperti namanya, helm jenis ini menutupi seluruh wajah. Para bikers atau pecinta motor gede lebih menyukai menggunakan helm yang satu ini.Bagi Anda yang sering melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor, ada baiknya Anda memilih Jenis Helm Full Face yang satu ini. 

Hal ini dikarenakan helm jenis ini akan memproteksi kepala Anda dengan sempurna. Selain itu, helm jenis ini juga dapat membuat Anda terhindar dari masuk angin. Walaupun biasanya helm jenis ini banyak digunakan para lelaki, tetapi bagi Anda wanita pun dapat menggunakan jenis helm ini. 

Saat ini di pasaran sudah banyak tersedia helm full face dengan motif untuk wanita sehingga wanita pun dapat menggunakan helm jenis ini. Hal ini dikarenakan helm digunakan untuk keselamatan sehingga tidak ada perbedaan gender untuk penggunaan helm. 

Baca juga : Waspada ini sebelum motor overheat

Helm Modular 
Jenis Helm Modular berikutnya adalah helm modular. Mungkin beberapa dari Anda masih asing dengan helm dengan jenis ini. Helm ini sebenarnya bisa dikatakan bentuk modifikasi dari helm full face. 

Helm modular ini merupakan turunan dari helm full face. Jika pada helm full face biasanya hanya dapat terbuka itu visornya saja, maka helm modular ini bagian kerangka depannya dapat terangkat ke atas. 

Helm jenis modular ini cukup terbilang unik dan menarik karena desainnya yang dapat menjadi helm full face sekaligus half face. Bagian kerangka depannya yang dapat terangkat ke atas memungkinkan Anda dapat menggunakan dalam kota atau saat perjalanan jauh. 

Bagi Anda yang ingin memiliki dua jenis helm dalam satu helm, maka helm modular ini dapat menjadi solusi bagi Anda. 

Baca juga : Cara mengganti kabel speedometer vario

Helm Cross atau Helm Trail
Apakah Anda sering menggunakan motocross? Motocross merupakan motor yang digunakan di arena tanah. Motocross biasanya memiliki kejuraaan atau diperlombakan. Beberapa orang hobi menggunakan motocross untuk menantang adrenalin. 

Tetapi jika Anda perhatikan lebih teliti, motocross ini menggunakan helm yang berbeda dari helm pengendara di jalan. Helm yang digunakan pengendara motocross dinamakan helm cross atau helm trail. 

Pengendara motocross memang memiliki jenis helm yang berbeda pada umumnya. Bentuk helm cross atau helm trail ini memiliki topi yang runcing dan terdapat bagian yang menutup mulut. 

Selain itu, Jenis Helm Cross yang satu ini tidak dilengkapi dengan visor, namun biasanya pengendara motocross menggunakan google atau kacamata khusus helm cross untuk melindungi mata mereka dari tanah. 

Baca juga : Cara membuka cover kepala honda vario

Helm Enduro
Helm jenis berikutnya adalah Jenis Helm Enduro. Helm berikut ini memiliki desain atau model yang hampir sama dengan helm cross atau helm trail. Jika pada helm cross atau helm trail tidak dilengkapi visor, maka helm enduro ini dilengkapi dengan visor. 

Dari segi model atau desain hampir sama dengan helm cross, yang membedakan hanya dari segi visornya saja. Helm Enduro ini biasanya juga dilengkapi dengan kaca dalam atau double visor, sehingga Anda dapat menggunakan double visornya saat cuaca terik. 

Helm jenis ini cukup bagus untuk Anda gunakan untuk dalam kota maupun luar kota. Jika Anda menyukai petualangan, helm enduro ini cukup cocok dan akan melengkapi jiwa petualang Anda. 

Baca juga : Cara pasang charger Hp di motor

Itulah berbagai jenis-jenis helm yang ada di pasaran perlu untuk Anda ketahui. Dengan mengetahui jenis-jenis helm ini, maka Anda dapat dengan mudah memilih helm sesuai kebutuhan Anda. 

Setelah membaca artikel ini tentunya Anda telah mengetahui helm tidak hanya satu jenis saja. Sehingga saat Anda ingin membeli helm, Anda tidak perlu bingung lagi. Semoga artikel Jenis Helm ini dapat membantu Anda. 

Post a Comment for "Kupas Tuntas Jenis Helm yang Wajib Anda Ketahui"