Ketahui Tips Memilih Ban Mobil Berikut Dijamin Berkendara Lebih Nyaman

Sebuah mobil tentunya tidak dapat dipisahkan dengan ban. Ban sangatlah penting bagi kendaraan, sehingga Anda harus mengetahui Tips Memilih Ban Mobil. Dengan mengetahui tips dalam memilih ban mobil, maka Anda dapat berkendara lebih aman dan nyaman. Ada beberapa hal yang perlu untuk Anda perhatikan jika ingin membeli sebuah ban. Hal ini dikarenakan setiap kendaraan memiliki jenis ban yang berbeda. 
Tips memilih ban mobil
Tips memilih ban mobil

Bagi Anda yang berniat untuk membeli sebuah ban mobil, ada baiknya bagi Anda memperhatikan ban mobil yang akan Anda beli. Jika biasanya Anda hanya menyerahkan segalanya pada penjual untuk memilihkan ban, maka dengan membaca artikel Tips Memilih Ban Mobil ini semoga Anda sudah dapat mengetahui cara memilih ban mobil yang baik tanpa menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada penjual. Berikut beberapa tips dalam memilih ban mobil. 
Baca juga : Mengetahui jenis dan type mobil 
                      Cara mengganti oli mesin mobil dirumah
Pilihlah Ban Sesuai Dengan Jenis Mobil Anda.
Banyak yang berpikir bahwa ban yang digunakan mobil, baik itu mobil sedan, SUV, dan lain-lain menggunakan ban yang jenisnya sama. Ternyata setiap mobil tersebut menggunakan jenis ban yang berbeda. Tips Memilih Ban Mobil berikut ini perlu untuk Anda miliki agar ban yang Anda beli sesuai dengan tipe ban yang digunakan mobil Anda. 

Bagi Anda yang masih bertanya-tanya bagaimana mengetahui jenis ban yang digunakan mobil Anda, maka akan dijelaskan sedikit untuk mengetahui jenis ban mobil Anda. Bagi Anda yang belum pernah membeli ban mobil sebelumnya pasti bingung dalam memilih ban. 

Setiap mobil sebenarnya sudah dilengkapi dengan petunjuk mengenai jenis ban yang digunakan. Ada beberapa tempat di bagian mobil Anda yang mencantumkan jenis ban ini. 
Jenis-jenis ban ini biasanya dapat Anda perhatikan melalui bagian belakang tutup tangki atau bagian pintu maupun laci mobil. Pabrik mobil telah mencatumkan jenis ban yang sesuai dengan mobil Anda. 

Biasanya pabrik hanya mencantumkan kodenya saja. Misalnya untuk kode R merupakan jenis ban Radial, kode P untuk passenger, kode T untuk ban cadangan, LT untuk Light Truck dan ST untuk Special Trailer.
Baca juga : Cara membaca kode ban
                     : Cara membaca kode pada aki

Memperhatikan Jenis Jalanan yang Sering Anda Lalui.
Tips Memilih Ban Mobil selanjutnya adalah dengan memperhatikan jenis jalanan yang sering Anda lalui. Jenis jalanan yang Anda lalui cukup berpengaruh terhadap jenis ban yang Anda gunakan. Selain itu, jenis penggunaan mobil Anda cukup berpengaruh saat Anda ingin membeli ban mobil. 

Jika mobil Anda hanya digunakan untuk sehari-hari, maka pilihlah ban yang biasa. Namun, jika mobil Anda ingin digunakan untuk balapan atau lomba lebih baik menggunakan ban khusus untuk arena balapan. Hal ini dikarenakan desain ban untuk sehari-hari dan untuk balapan berbeda. 

Jangan sampai Anda hanya menggunakan mobil sehari-hari tapi memilih ban untuk balapan. Hal ini tentunya tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.
Baca juga : Mengatasi bunyi jedug pada roda belakang mobil

Perhatikan Ukuran Ban yang Akan Anda Beli.
Tips berikutnya dalam memilih sebuah ban mobil adalah dengan memperhatikan ukuran ban yang akan Anda beli. Ukuran ban ini sangat mempengaruhi Anda saat berkendara. 

Terkadang beberapa orang random saja dalam memilih jenis ban untuk kendaraan yang dimilikinya. Padahal dalam membeli ban, Anda harus memperhatikan bentuk velg ban Anda untuk memilih ban. 

Bagi Anda yang tidak pernah memperhatikan bentuk velg, ada baiknya mulai sekarang Anda lebih memperhatikan bentuk velg sebelum membeli ban mobil. Jangan sampai Anda membeli sesuai dengan keinginan Anda baik itu ban yang kekecilan bahkan kebesaran dari bentuk velg mobil Anda. 

Tips Memilih Ban Mobil ini sangat perlu Anda perhatikan dalam membeli ban. Intinya, Anda perlu menyesuaikan bentuk velg mobil dengan ban mobil.
Baca juga : Cara membaca kode di velg mobil

Perhatikan Pola Tapak Ban.
Tips Memilih Ban Mobil berikutnya adalah dengan memperhatikan pola tapak ban. Apakah saat Anda membeli ban pernah memperhatikan hal ini? Beberapa orang mungkin tidak mengetahui bahwa pola tapak ini cukup berpengaruh terhadap kendaraan.

Jika Anda ingin berkendara dengan nyaman, maka Anda lebih baik memperhatikan pola tapak ban yang akan Anda beli. Pola ini berpengaruh terhadap akselerasi mobil dan saat dilakukan pengereman. 

Jika Anda pernah melihat kecelakaan mobil, ban cukup berpengaruh terhadap terjadinya kecelakaan. Beberapa kecelakaan mobil disebabkan karena mobil tidak dapat mengerem dengan sempurna. Hal ini bukan hanya dikarenakan remnya, namun juga bisa disebabkan karena bannya. 
Ban mobil yang telah gundul dan pola tapak ban yang sudah tidak jelas akan mengakibatkan terjadinya kecelakaan. 
Baca juga : Cara menghitung konsumsi bbm mobil
                   : Tips irit bensin untuk mobil anda

Memperhatikan Ketebalan dari Ban.
Tips berikutnya dalam memilih ban mobil adalah dengan memperhatikan ketebalan dari ban yang ingin Anda beli. Beberapa orang memilih untuk membeli ban yang tipis karena terlihat lebih bagus dibandingkan ban yang tebal. 

Padahal walaupun ban yang tipis terlihat bagus, hal ini tidak baik untuk mobil Anda. Oleh karena itu, lebih baik Anda menyesuaikan ketebalan ban dengan sesuai rekomendasi pabrik mobil. 

Dengan memperhatikan Tips Memilih Ban Mobil ini, Anda dapat menjaga mobil Anda. Penggunaan ban yang tipis biasanya berdampak buruk bagi mobil karena dapat membuat velg terkikis dengan jalanan. 
Baca juga : Cara mengganti wiper depan dan wiper belakang

Tentunya Anda ingin mobil Anda dalam keadaan yang bagus kan? Oleh karena itu, pilihlah ketebalan sesuai dengan mobil Anda. Jangan memilih ketebalan ban yang tipis untuk tampil keren tetapi berdampak buruk bagi mobil.

Itulah berbagai tips dalam memilih ban mobil agar Anda dapat berkendara lebih nyaman dan aman. Jangan hanya memilih ban sesuai dengan kesukaan Anda, tetapi pilihlan ban sesuai yang direkomendasikan dan sesuai tipe mobil Anda. Semoga Tips Memilih Ban Mobil ini dapat bermanfaat bagi Anda.