Lakukan Tips Merawat Aki Berikut Dan Dijamin Aki Motor Atau Mobil Jadi Awet

Komponen motor atau mobil yang cukup penting tentunya adalah aki. Tanpa aki, motor atau mobil tidak akan menyala. Oleh karena itu, Tips Merawat Aki ini perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui tips dalam merawat aki, maka akan menjaga aki tetap awet. 

Maka Anda tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk membeli aki. Karena jika Anda tidak merawatnya dengan baik, Anda harus menggantinya dengan yang baru. 
cara merawat aki agar awet
cara merawat aki agar awet
Ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab aki motor atau mobil cepat rusak atau aus. Salah satunya adalah kebiasaan melupakan mematikan kunci kontak. 

Beberapa orang pasti memiliki kebiasaan lupa untuk mematikan kunci kontak. Padahal kebiasaan seperti ini akan membuat aki cepat aus. 

Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui Tips Merawat Aki Motor atau Mobil. Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba agar aki Anda tetap awet. 

Baca juga : Daftar aki Gs astra dan Yuasa
                      : Penyebab aki soak atau tekor

Kebiasaan Menyalakan Motor Sebelum Digunakan
Beberapa di antara kalian pasti sangat sering tidak menyalakan atau memanaskan motor Anda terlebih dahulu sebelum digunakan. Padahal kebiasaan memanaskan motor sebelum digunakan ini akan merawat aki tetap awet dan bertahan lama. 

Oleh karena itu, bagi Anda yang menginginkan agar aki motor Anda bertahan lama, maka biasakanlah memanaskan kendaraan sebelum digunakan. 

Tips Merawat Aki Motor ini terbilang cukup simpel dilakukan tetapi banyak pula yang mengabaikan kebiasaan ini. Padahal walaupun simpel, kebiasaan ini dapat berpengaruh besar terhadap umur aki Anda. 

Sebaiknya mulai dari sekarang Anda perlu lebih rutin menyalakan motor Anda walaupun tidak ingin digunakan agar memperpanjang umur aki. Lakukan pemanasan motor minimal 10 menit dalam sehari. 

Baca juga : Cara jumper aki mobil dengan motor
                  : Arti kode pada aki dan cara membacanya

Pastikan Mematikan Komponen Listrik Seperti Lampu Saat Mematikan Motor Atau Mobil
Tips Merawat Aki selanjutnya adalah dengan mematikan komponen listrik seperti lampu,audio,ac sebelum mematikan motor atau mobil Anda. Komponen listrik seperti lampu ini dapat menyala karena bantuan dari aki. 

Oleh karena itu, saat ingin mematikan motor atau mobil, ada baiknya Anda mematikan komponen listrik agar  aki motor atau mobil anda tetap awet. Kebiasaan yang satu ini juga sangat sering terjadi sehingga aki cepat aus. 

Kebiasaan tanpa mematikan lampu yang merupakan komponen listrik ini sangat banyak terjadi. Beberapa orang yang melakukan hal ini kemungkinan tidak mengetahui dari dampaknya itu sendiri atau lupa mematikannya. 

Jadi, jika biasanya Anda tidak memperhatikan hal ini, maka lebih baik Anda lebih memperhatikan hal ini sekarang agar aki Anda lebih awet dan tahan lama. 

Baca juga : Bahaya mengganti bohlamp dengan watt besar
                   : Cara mengganti lampu mundur mobil

Mengecek Air Aki Secara Berkala
Seperti yang kita ketahui bahwa aki terdapat dua jenis yaitu aki kering dan aki basah. Tips Merawat Aki Motor atau mobil berikut ini lebih dikhususkan untuk aki basah. Aki basah seperti namanya basah karena menggunakan cairan air aki. 

Bagi Anda yang memiliki kendaraan yang menggunakan aki basah, maka Anda perlu mengecek secara berkala. Pengecekan air aki disini untuk melihat apakah air aki tidak melebihi batas ukuran maupun tidak kurang dari ukuran. 

Jika saat mengecek aki Anda kurang dari batasnya, maka Anda harus menambahkan aki motor atau mobil Anda dengan air suling atau air biasa. Penambahan aki dengan air suling ini berguna untuk menjaga keasaman atau PH aki. Jadi, Anda sangat perlu untuk mengecek air aki Anda secara berkala. 

Baca juga : Aki mobil ngebul seperti dimasak
                   : Cara mudah pasang lampu DRL mobil

Periksa Bagian Bodi Aki 
Tips Merawat Aki Motor atau mobil berikutnya adalah dengan memeriksa bagian bodi aki . Beberapa orang mungkin tidak sering melakukan pengecekan atau pemeriksaan pada aki motor atau mobilnya. 

Padahal dengan rutin memeriksa aki motor atau mobil, maka Anda dapat merawat aki kendaraan Anda. Dengan memeriksa bodi aki Anda, maka Anda dapat dengan mudah mengecek apakah terjadi kebocoran atau tidak. 

Terkadang aki motor atau mobil juga mengalami kebocoran terutama pada aki basah. Sehingga Anda perlu untuk memperhatikan hal ini. Hal ini tentunya tidak baik dan berbahaya. Seperti yang kita ketahui air aki bersifat asam dan korosif. Sehingga jika terjadi kebocoran maka akan sangat berbahaya. 

Jika Anda takut mengecek aki Anda, Anda dapat membawa motor atau mobil Anda ke bengkel untuk dilakukan pengecekan. 

Baca juga : Cara setting ketinggian lampu utama mobil
                   : Cara manghitamkan plastik kusam pada mobil

Mengencangkan Baut Pada Terminal Aki
Seperti yang kita ketahui bahwa aki cukup berbahaya sehingga Anda harus berhati-hati saat memeriksanya. Salah satu cara merawat aki dengan baik yaitu dengan memperhatikan atau mengamati baut pada terminal aki. 

Baut yang tidak kencang pada aki tidak hanya akan menyebabkan motor atau mobil tak dapat menyala, namun juga dapat berbahaya. 

Air aki yang bersifat korosif ini tentunya akan sangat berbahaya jika mengenai kulit. Oleh karena itu, Anda perlu untuk mengencangkan baut pada terminal aki. Selalu periksa apakah baut pada terminal aki renggang atau longgar. 

Tips Merawat Aki Motor atau Mobil ini bukan hanya untuk membuat aki tetap awet, namun agar air aki tidak meluber keluar dan membahayakan bagi Anda dan kendaraan Anda. 

Baca juga : Cara mengganti busi mobil
                       : Cara mengganti baterai remot mobil

Membersihkan Kerak Dibagian Katub
Periksa pada bagian terminal plus dan minus pada aki mobil atau motor anda apakah ada kerak berwarna putih yang menempel. 

Jika ada maka bersihkan kerak tersebut dengan cara disikat atau dikerok sampai bersih. Kendorkan dulu baut kabel kemudian bersihkan bagian terminalnya dan setelah bersih,pasang kembali baut kemudian kencangkan.

Beberapa tips dalam merawat aki ini patut untuk Anda lakukan jika ingin menjaga aki motor atau mobil Anda tetap awet dan tahan lama. Dengan melakukan tips-tips yang dipaparkan diatas, maka Anda akan lebih Anda akan lebih menghemat uang Anda. Hal ini dikarenakan semakin rajin Anda merawat aki maka semakin lama umur aki Anda. 

Itulah beberapa tips dalam merawat aki motor atau mobil agar tetap awet. Dengan rutin merawat aki , motor dan mobil pun akan lebih bagus dan terpelihara. Semoga artikel mengenai Tips Merawat Aki Motor danMobil ini dapat bermanfaat bagi Anda dan dapat membantunya Anda dalam merawat aki motor atau mobil yang baik dan benar.