Aki Mobil Mengeluarkan Asap Seperti Masak Air

Penyebab dan cara mengatasi aki mobil mengeluarkan asap
AKi mobil merk GS
Baru kali ini mazcecep nemuin kejadian baru pada mobil yang akinya ngebul mengeluarkan asap seperti ketika memasak air sampai mendidih. Asap ini keluar cukup kencang dari aki tepatnya pada bagian penutup sel yang biasa untuk mengisi air aki yang berjumlah 6 itu.
Kejadian aki ngebul keluar asap ini terjadi pada mobil avanza teman saya beberapa waktu yang lalu ketika sedang dalam perjalanan mudik dari jawa ke bekasi dan tiba tiba aki mengeluarkan asap dari penutup keenam selnya didaerah batang semarang jawa tengah.


Baca juga penyebab aki soak,tekor atau drop
Teman saya tersebut sempat kebingungan mengatasinya karena posisinya sedang ditengah perjalanan dan hanya dia sendiri yang mengerti mobil. Kejadian bermula ketika mobil dipinggirkan untuk istirahat dan sewaktu dia membuka kap mobilnya yang tidak disangka akinya mengeluarkan asap menyembur keatas.

Karena keadaan mesin mobil masih panas maka dibiarkan saja dulu sampai menunggu mesinnya dingin untuk dilakukan pengecekan apa yang menjadi masalah dan bagaimana cara mengatasinya.

Baca Juga Cara jumper aki mobil dengan motor
Sambil menunggu mesin mobilnya dingin,teman saya tadi mencoba menanyakan ke beberapa temanya untuk mencari tahu masalah serta cara mengatasinya.Setelah beberapa menit akhirnya didapatlah solusi dari temanya yaitu masalahnya karena air aki sudah hampir habis sehingga timbulah asap tadi akibat panas. Setelah dingin,kemudian dibukalah penutup sel akinya dan setelah tutup sel akinya dibuka ternyata memang benar,air akinya sudah hampir kosong.
Baca juga cara baca kode pada aki
Sesuai saran dari temanya tadi,kemudian dibelikanya beberapa air aki botolan di daerah terdekat untuk mengisi air akinya sampai batas maksimal atau pada level high atau up. Setelah semua terisi hampir sama rata maka dicobalah untuk menyalakan kembali mobilnya dan aki tersebut sudah tidak lagi mengeluarkan asap. Setelah dirasa aman dan badan sudah siap untuk melanjutkan perjalanan kembali,maka perjalanan ke bekasipun dilanjutkan.
Baca juga cara mengganti oli gardan dan mengganti oli transmisi
Setelah tiba dirumah bekasi,kembali dia buka kap mesin mobilnya untuk memeriksa apakah aki masih mengeluarkan asap seperti yang keluar sebelumnya. Dan ternyata aki tidak lagi mengeluarkan asap kembali.

Dari pengalaman temen saya tersebut maka bisa disimpulkan bahwa asap yang keluar dari aki adalah akibat kurangnya air aki yang sudah mendekati habis dan adanya panas dari mesin mobil. Dan cara mengatasinya adalah dengan menambahkan kembali air aki sesuai dengan batas yang dianjurkan.


Baca juga cara melepas jog mobil avanza xenia
Untuk anda para pemilik kendaraan baik itu mobil maupun motor yang menggunakan aki jenis basah,saran saya seringlah cek volume air aki kendaraan anda supaya tidak terjadi masalah  dikemudian hari. Jadwalkan secara rutin dengan interval yang anda sanggup untuk meminimalisir bencana.
Demikian share pengalaman cara mengatasi aki motor atau mobil yang ngebul mengeluarkan asap dari mazcecep. Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Aki Mobil Mengeluarkan Asap Seperti Masak Air"