Bahaya Microsleep Atau Tidur Sesaat Ketika Berkendara

Microsleep atau tidur sesaat
MICROSLEEP
Istilah Microsleep atau tidur sesaat adalah kondisi atau situasi dimana ketika kita sedang berkendara tiba tiba terlelap hanya beberapa detik atau seketika saja.Pernahkan anda mengalami kondisi seperti itu?Bus atau truk yang awalnya masih berada jauh jaraknya di depan kita tiba tiba menjadi berada didepan mata.

MICROSLEEP 
yaitu keadaan atau kondisi dimana badan kita tiba tiba tidur sesaat dan Segala input dari indera penglihatan serta indera pendengaran tidak dapat diproses oleh otak kita. Durasi atau jangka waktu dari microsleep ini adalah terjadi diantara 1 hingga 30 detik. Hal ini bisa terjadi walaupun kondisi mata kita masih terbuka dan mirip seperti sebuah komputer, otak telah "shut down".

Mobil Pada kecepatan 70km/h dengan microsleep selama 3 detik bisa menyebabkan kenderaan anda menyusur tanpa kendali sejauh 200 meter,dan dalam jarak 200 meter tersebut, nyawa bisa melayang dalam sekejap mata.Coba bayangkan apakah yang akan terjadi apabila kendaraan atau mobil anda berada pada kecepatan 100 km/h dengan microsleep.

Namun masih banyak pengemudi yang seringkali menganggap seolah dia kebal atau bakalan aman.Dan dalam hati berkata :"Kecelakaan hanya terjadi kepada orang lain. Aku mahir bawa mobil dan Kondisi mobilku pun bagus.Pasti aman"

Karena adanya keinginan untuk bersama keluarga tersayang dan tercinta yang sudah terpisah untuk sekian lama dijadikan motivasi untuk terus memacu berkendaraanya walaupun fisik sudah terlalu lelah dan mengantuk.

Dan tidak sedikit pula driver atau pengendara yang berpendapat bahwa jikalau kendaraannya digeber dengan kencang maka rasa mengantuk akan berkurang akibat adanya hormon adrenaline yang meningkatkan upaya "fight or flight". (Istilah Fight or flight adalah sitiuasi atau kondisi dimana badan bersedia untuk menghadapi keadaan yang membahayakan diri: lawan atau lari ). 
Selain beberapa alasan tersebut,tidak sedikit pula orang yang berpendapat bahwasanya jalan yang berliku dan berkelok seperti jalan kelok 44 dianggap bisa menghilangkan rasa mengantuk karena pengendara mobil atau sopir menjadi lebih fokus pada belokannya.

Namun Dua fakta di atas hanya mengundang bahaya. 

Kesan fight or flight hanya terjadi seketika saja dan Sistem badan akan 'burn out' dan akhirnya bisa menyebabkan microsleep yang lebih lama.

Jadi, apa yang harus kita dilakukan?

1. BERHENTI.
2. PARKIR MOBIL DI TEMPAT YANG AMAN
3.TIDUR.

Tidur juga tidak harus membutuhkan waktu lama,Lima menit atau sepuluh menit cukup dan Ulangi 3 langkah diatas setiap kali anda mulai berasa mengantuk dan Berhentilah untuk beristirahat setiap dua jam jika anda sedang berkendara jarak jauh.

Untuk mengurangi microsleep,penumpang yg duduk disamping Pak Sopir diharapkan menjadi co-driver yang baik dengan melakukan beberapa hal ini :
1. Ajaklah driver berbincang untuk mengurangi rasa bosan.
2. Perhatikanlah cara driver berkendara. Jika pengemudi sudah mulai tidak ikut dengan lajur,segera tegur Pak Sopir.. 
3. Sekali sekali lihatlah instrumen di area dashboard, Apakah ada lampu - lampu peringatan yang menyala? Apakah berkendara terlalu cepat?Jika ada maka tegurlah.

Selain dari beberapa hal diatas hendaknya kita tetap berhati hati di jalan raya.Pelan pelan asal selamat.Jangan jadikan diri dan keluarga anda bagian daripada statistik kecelakaan. Keep safety driving

Post a Comment for "Bahaya Microsleep Atau Tidur Sesaat Ketika Berkendara"