Kendaraan Boros Bensin? Ikuti Tips Irit Bensin Berikut, Dijamin Hemat

Setiap orang tentunya ingin memiliki kendaraan yang tidak boros bensin. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Tips Irit Bensin akan membantu Anda dalam membuat irit bensin kendaraan Anda. Kendaraan yang boros bensin tentunya sangat menjengkelkan karena akan menguras dompet Anda. 

Hal ini tentunya paling sering Anda rasakan padahal baru beberapa hari Anda mengisi bensin, bensin tiba-tiba habis dan ingin diisi lagi.Jika kendaraan mengalami boros bensin, maka ada beberapa faktor yang mengakibatkan bensin menjadi boros. 
Tips menghemat bensin untuk mobil
Tips menghemat bensin untuk mobil


Faktor penyebabnya antara lain: piston yang menjadi aus, penggunaan AC yang terlalu sering, filter udara yang kotor, dan lain-lain. Dengan begitu Anda perlu untuk mengikuti Tips Irit Bensin untuk mengatasi hal ini. Lantas, apa sajakah tipsnya, silakan simak penjelasan berikut ini.

Baca juga : Cara menghitung konsumsi bahan bakar boros atau irit 

Menggunakan Bensin dengan Oktan Tinggi
Siapa sangka bahwa dengan adanya penggolongan bensin berdasarkan oktan ini dapat membuat irit penggunaan bensin pada kendaraan Anda. Tips Irit Bensin yang satu ini mungkin beberapa dari Anda telah mengetahuinya. 

Bensin dengan oktan yang paling rendah adalah premium, kemudian pertalite dan paling tinggi adalah pertamax. Bensin dengan oktan yang tinggi tentunya dibanderol dengan harga yang tinggi. 

Beberapa dari Anda pasti lebih memilih bensin premium karena harganya yang terjangkau. Tapi jangan salah walaupun bensin beroktan tinggi dibanderol dengan harga tinggi, namun terdapat keunggulan yang tak dimiliki oleh bensin premium. 

Jika dipikir walaupun harganya tinggi dibandingkan bensin premium, tetapi bensin pertamax lebih irit. Jadi walaupun harganya lebih tinggi, harganya tetap terbilang terjangkau. 
Penggunaan bensin dengan oktan tinggi ini dapat menjadi Tips Irit Bensin karena akan terjadi pembakaran sempurna. 

Sehingga untuk menjalankan kendaraan akan lebih sedikit digunakan bensin karena terjadinya pembakaran yang sempurna. Lain halnya dengan bensin beroktan rendah yang membutuhkan konsumsi bensin lebih banyak untuk terjadi pembakaran sempurna. 

Baca juga : Perbedaan premium,pertalite dan pertamax

Jarang Melakukan Pengereman Mendadak
Apakah saat berkendara Anda sering melakukan pengereman mendadak? Melaju dengan kecepatan yang tinggi akan membuat Anda lebih sering mengerem mendadak. Hal ini dikarenakan saat Anda melaju dengan kecepatan tinggi, Anda tidak dapat mengendalikan kendaraan Anda apabila ada seseorang yang menyebrang atau lampu merah mendadak.

Oleh karena itu, Tips Irit Bensin berikutnya adalah mengurangi kebiasaan mengerem mendadak. Pengereman secara mendadak pada kendaraan tentunya juga sangat berbahaya jika dilakukan. Selain dapat membahayakan nyawa Anda dan orang lain, tentunya hal ini akan mengakibatkan bensin menjadi lebih boros. 

Tips berikut ini tidak hanya dapat membuat penggunaan bensin lebih irit, namun Anda dapat pula berkendara lebih aman. Oleh karena itu, biasakanlah berkendara dengan kecepatan yang stabil mulai dari sekarang untuk mengirit bensin Anda. 

Baca juga : Ketahui Fungsi child safety lock pada mobil anda

Merawat Mesin Secara Rutin dan Berkala
Tips Irit Bensin berikutnya yang tentunya dapat membantu Anda dalam membuat irit penggunaan bensin adalah dengan merawat mesin secara rutin dan berkala. Suatu kendaraan dapat dijalankan karena adanya mesin. 

Mesin pada kendaraan ini berguna untuk melakukan pembakaran. Untuk melakukan pembakaran tentunya dibutuhkan bensin. Dengan merawat mesin secara rutin dan berkala akan membuat penggunaan bensin lebih irit. 

Hal ini berbeda jika mesin kendaraan Anda tidak dirawat secara berkala akan membuat performa mesin menurun sehingga menggunakan bensin yang banyak untuk melakukan pembakaran. Bagi Anda yang jarang merawat mesin Anda, alangkah baiknya bagi Anda untuk memulai merawat mesin Anda secara berkala mulai saat ini.

Merawat mesin kendaraan dapat dilakukan dengan rutin membawa kendaraan ke bengkel. Jangan hanya membawa kendaraan ke bengkel saat ada masalah kendaraan saja.

Baca juga : Cara membersihkan ruang mesin mobil

Jarang Menggunakan AC (Air Conditioner)
Cuaca Indonesia yang terbilang cukup panas apalagi pada saat musim panas tentunya akan membuat badan cepat gerah. Udara yang panas di Indonesia akan membuat Anda lebih sering menggunakan AC apalagi jika menggunakan mobil. 

Tapi tahukah Anda ternyata penggunaan AC yang rutin ini dapat membuat bensin lebih banyak terkuras. Penggunaan AC saat berkendara memang sangat nyaman tetapi siap-siaplah mengisi bensin lebih sering. 

Tips Irit Bensin yang satu ini mungkin cukup sulit Anda lakukan mengingat cuaca yang panas di Indonesia. Tetapi ada baiknya Anda lebih menggunakan udara segar dari luar untuk menghilangkan rasa gerah. 

Anda mulai sekarang dapat mencoba membuka jendela mobil agar angin dari luar dapat masuk. Hal ini dapat membantu Anda dalam menghemat penggunaan bensin. 

Baca juga : Cara membersihkan blower ac mobil
                   : Cara pasang filter ac pada mobil

Cek Tekanan Udara Pada Ban
Tips berikutnya agar penggunaan bensin lebih irit adalah dengan mengecek tekanan udara pada ban. Mungkin sebagian dari Anda berpikir bahwa apakah kaitan antara ban dengan penggunaan bensin. 

Tetapi jangan salah karena tekanan udara pada ban cukup berpengaruh terhadap pemakaian bensin kendaraan. 

Kendaraan yang memiliki tekanan udara yang cukup akan membuat kendaraan dapat melaju lebih baik. Hal ini berbeda jika tekanan udara pada ban Anda lebih rendah karena akan membuat beban kendaraan Anda meningkat.

Dengan meningkatnya beban pada kendaraan Anda, maka akan membuat penggunaan bensin lebih banyak. Oleh karena itu, Anda harus lebih rutin mengecek tekanan udara pada ban kendaraan Anda. 

Baca juga : Perhatikan kode ban sebelum anda membelinya 

Itulah beberapa tips untuk menghemat penggunaan bahan bakar pada kendaraan. Beberapa hal diatas pasti sering sekali Anda lakukan yang mengakibatkan penggunaan bensin lebih boros. 

Bagi Anda yang sering melakukan hal-hal seperti dipaparkan diatas, lebih baik Anda mengubah kebiasaan tersebut. Semoga artikel Tips Irit Bensin ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.