Kenali Tanda Mesin Motor Overheat Berikut Agar Anda Tidak Menyesal


Overheat merupakan salah satu kondisi yang paling sering terjadi pada kendaraan maupun alat eletronik. Ada beberapa Tanda Mesin Motor Overheat yang dapat Anda ketahui agar dapat mengetahui apakah kendaraan Anda mesinnya sudah overheat atau tidak. 

Overheat pada mesin motor dapat menggambarkan bahwa kondisi motor Anda kurang baik. Tetapi sayangnya masih ada beberapa orang yang tidak mengetahui overheat itu.
ciri dan tanda kondisi motor overheat

Overheat merupakan salah satu kondisi dimana mesin kendaraan Anda mengalami panas yang berlebihan. Tanda Mesin Motor Overheat ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor. 

Baca juga : Tips memilih helm agar aman dan nyaman

Berbagai faktor yang dapat menyebabkan panas yang berlebihan ini seperti: air radiator yang habis karena bocor; kipas pendingin yang tidak berfungsi; adanya sumbatan pada saluran air pendingin; kemudian oli yang habis karena disebabkan bocor. 

Beberapa orang masih ada yang belum mengerti atau mengetahui bagaimana Tanda Mesin Motor Overheat. Padahal kendaraan yang mengalami keadaan mesin yang overheat ini memiliki dampak yang buruk bagi kendaraan. 

Adapun beberapa dampak atau akibat dari mesin yang overheat seperti: melelehkan komponen yang berbahan plastik yang terdapat di sekitar mesin kendaraan, mengakibatkan kebocoran pada oli, dan lain-lain. Berikut beberapa tanda-tanda mesin motor yang mengalami overheat. 

Baca juga : Tips menghilangkan bau pada helm

Tercium Bau Terbakar Pada Mesin Kendaraan
Tanda Mesin Motor Overheat pertama yang harus Anda ketahui adalah tercium bau terbakar pada mesin kendaraan. Hal ini merupakan tanda yang paling umum terjadi saat mesin overheat. 

Seperti yang diketahui sendiri overheat merupakan kondisi dimana mesin mengalami panas yang berlebihan. Panas yang berlebihan pada mesin ini tentunya akan membuat bau terbakar pada mesin kendaraan. Hal ini dikarenakan mesin bekerja melebihi kapasitasnya. 

Jika kendaraan yang Anda miliki mengalami tanda seperti ini sebaiknya Anda jangan mengabaikannya begitu saja. Mungkin beberapa dari Anda yang mengalami hal ini akan khawatir jika kendaraan Anda terbakar atau meledak. 

Oleh karena itu, sebaiknya Anda membawa motor Anda ke bengkel resmi jika hal ini terjadi. 

Baca juga : Cara membuka cover kepala vario

Tarikan Motor Anda Menjadi Lebih Lambat dari Biasanya
Tanda Mesin Motor Overheat kedua adalah tarikan motor Anda yang lebih lambat dari biasanya. Maksud dari tarikan motor menjadi lebih lambat adalah akselerasinya menjadi menurun. Jika biasanya kendaraan Anda dapat menempuh jarak yang jauh dengan kecepatan yang cepat, maka jika terjadi overheat, kendaraan akan menjadi lebih lambat dari biasanya. 

Hal ini dikarenakan overheat mengakibatkan komponen mesin memuai karena panas. Seperti yang diketahui besi atau logam dapat memuai karena panas. Seperti halnya dengan mesin motor yang terbuat dari logam akan memuai jika terpapar panas secara berlebihan. 

Maka dari itu, Anda harus benar-benar mengamati kendaraan Anda. Jika terjadi panas yang berlebihan pada mesin Anda sebaiknya Anda membawanya ke bengkel resmi. 

Baca juga : Cara mengganti tali speedo motor matic

Adanya Udara Panas Bagian kaki
Kondisi overheat pada kendaraan tentunya akan menimbulkan panas secara yang berlebihan seperti dengan namanya. Kondisi overheat ini dapat Anda identifikasi dengan adanya udara panas terutama di bagian daerah kaki saat berkendara. 

Tetapi jangan salah karena tidak semua udara panas yang Anda rasakan ini merupakan overheat. Hal ini dikarenakan ada udara panas yang normal dan adapula  dikarenakan overheating. 

Jika kendaraan Anda telah menempuh jarak yang cukup jauh dan digunakan dalam jumlah yang lama tentunya akan menimbulkan udara panas. Udara panas yang ditimbulkan dari kendaraan ini pastinya bukan karena overheating, melainkan mesin kendaraan yang menyala dalam waktu lama mengakibatkan keluarnya udara panas. 

Melainkan jika kendaraan Anda overheating akan terasa udara panas walaupun menempuh jarak yang dekat dan tentunya panas yang keluar secara berlebihan. 

Baca juga : Cara ganti gearbox motor matic
                   : Cara pasang colokan charger motor

Suara Menjadi Lebih Nyaring
Apakah Anda pernah memperhatikan suara kendaraan Anda? Suara kendaraan bisa menjadi tanda atau indikator penunjuk bahwa mesin Anda mengalami overheat. Jika biasanya pada kendaraan biasa tidak akan terdengar suara mesin atau suaranya lebih lembut, maka pada kendaraan overheat ini akan terdengar suara yang nyaring. 

Jika kendaraan Anda, mesinnya tiba-tiba terdengar suara lebih nyaring, maka Anda patut curiga jika Tanda Mesin Motor Overheat. Suara mesin yang menjadi lebih nyaring dari biasanya dikarenakan pelumasan mesin oleh oli yang menjadi menurun. 

Panas yang berlebihan pada mesin akan mengurangi jumlah oli sehingga oli yang digunakan untuk melumaskan mesin menjadi berkurang. Dengan kurangnya pelumasan pada mesin ini akan mengakibatkan kendaraan menjadi saling bergesekan dan timbulnya bunyi nyaring. 

Baca juga : Cara ganti shock belakang vario

Timbulnya Suara Ketukan Pada Mesin
Tanda Mesin Motor Overheat selanjutnya adalah timbulnya suara ketukan pada mesin Anda.  Jika Anda mengalami hal ini ada baiknya bagi Anda untuk membawa motor Anda ke bengkel resmi. 

Timbulnya suara ketukan pada mesin ini tidak sama halnya dengan suara nyaring pada mesin. Walaupun begitu mesin yang menimbulkan suara ketukan belum tentu overheat

Timbulnya suara ketukan yang terjadi pada mesin Anda bisa saja disebabkan karena pemilihan bensin yang tidak sesuai. Suara mesin motor biasanya akan terjadi karena Anda memilih bensin dengan oktaf rendah. 

Selain itu dapat disebabkan karena bensin yang lebih dahulu terbakar sebelum busi menyala. Namun, jika telah mengganti bensin Anda dengan oktan yang lebih tinggi dan masih terdengar suara ketukan, maka kemungkinan besar terjadi overheat. 

Baca juga : Harga aki motor terbaru

Itulah berbagai Tanda Mesin mengalami overheat yang harus Anda ketahui. Bagi Anda yang mengalami tanda diatas, ada baiknya Anda membawa motor Anda ke bengkel resmi. 

Kondisi overheat pada kendaraan juga tentunya berdampak buruk terhadap kendaraan Anda. Semoga artikel Tanda Mesin Motor Overheat ini bermanfaat bagi Anda. 

Post a Comment for "Kenali Tanda Mesin Motor Overheat Berikut Agar Anda Tidak Menyesal"