Cara Mengganti Tali Kabel Speedometer Motor Vario

Artikel mazcecep kali ini menyambung dari postingan sebelumnya mengenai cara menyetel komstir motor honda vario yang bunyi jedug dan cara membuka cover batok kepala vario
Mumpung ada waktu maka saya sekalian bongkar dan benerin masalah pada motor vario saya yang jarang kesentuh akibat kesibukan jadi kuli sawah.

Hampir seharian mengecek komponen motor apa saja yang perlu diperbaiki agar kondisi menjadi normal seperti sebelumnya dan tentunya nyaman untuk dikendarai. Karena motor vario saya ini adalah motor andalan untuk mencari nafkah mencukupi kebutuhan keluarga.


Seperti halnya komstir oblak yang sebelumnya saya posting,speedometer vario sayapun mengalami kerusakan yang sudah cukup lama. 


Bahkan sudah lebih dari 6 bulan speedometer vario saya tidak berfungsi dengan normal pada bagian indicator speednya dengan ditandai oleh jarum indicator speed pada panel speedo tidak bergerak ketika roda depan sedang berputar sehingga berakibat angka kilometer pada motor vario mazcecep tidak bertambah.

Setelah mazcecep lakukan pemeriksaan pada motor vario techno ini akhirnya masalah ditimbulkan karena kabel atau olor atau juga tali pada speedometernya sudah pada retak dan putus sehingga tidak connect dengan gearbox speedometer di as roda depan dan pada sambungan speedometer bagian kepala motor. Dan kabel/tali/olor speedo ini harus diganti dengan yang baru.

Nah untuk cara mengganti kabel speedometer vario yang rusak mazcecep akan berikan tipsnya dibawah.
cara ganti tali kabel speedometer motor honda vario
cara ganti tali kabel speedometer motor honda vario
1. Siapkan alat dan bahan
Bahan yang kita butuhkan adalah kabel atau tali speedo yang bisa anda beli ditoko spare part terdekat atau bisa juga dionline shop. Saya membelinya dengan harga 35ribu. Kemudian siapkan Obeng minus(-),obeng plus (+),kunci L,dan kunci 10.

2.Lepas cover.
Pertama lepaskan plat nomer dengan kunci L (karena saya memakai baut L),kemudian lepas dudukan plat nomer dengan kunci 10 (bisa kunci pas,ring atau T),lalu buka cover depan yang dibelakang plat nomor dan cover batok kepala sebelah depan dengan melepaskan dahulu keenam bautnya dengan obeng plus. Detail cara melepas cover bisa baca disni

3. Lepas kabel speedo
Setelah cover terbuka,langkah selanjutnya adalah dengan melepas kabel speedo dari rumah speedo dengan cara memutar klem dratnya kekiri sampai terlepas dan tarik keluar melewati klem kabel. 


Setelah bagian atas terlepas selanjutnya adalah melepas sambungan kabel speedo dengan gearbox di as roda depan. Caranya adalah dengan menekan pengaitnya dengan tangan atau jika susah bisa menggunakan bantuan obeng minus (-)
cara ganti tali kabel speedometer motor honda vario
cara ganti tali kabel speedometer motor honda vario
4.Ganti kabel baru
Setelah kabel lama terlepas dari masing masing sambungan,selanjutnya tarik kabel speedo dari atas dan masukkan kabel speedo yang baru. Kemudian sambungkan kedua ujungnya pada gearbox di as roda dan pada rumah kabel di speedometer bagian bawah sampai kencang dengan memutar dratnya kekanan.

Atau anda bisa lihat video cara ganti tali kabel speedometer vario dibawah 

5. Periksa speedo
Setelah semua tersambung dengan benar,sekarang coba anda periksa apakah jarum indicator speed sudah bisa bergerak mengikuti putaran roda depan. Cara mengeceknya adalah dengan memutar roda depan memakai tangan atau bisa juga dipakai jalan.
                   : Cara ganti kampas rem depan vario

6. Tutup cover
Setelah jarum indicator speed bergerak normal seperti sebelumnya,sekarang anda bisa pasang kembali cover dan plat nomer yang tadi dilepas. 


Demikian tips dari mazcecep tentang cara mengganti kabel atau tali speedometer motor matic honda vario cbs techno yang rusak. Semoga bermanfaat