Cara Ganti Kampas Rem Depan Vario CBS Sendiri

Rem adalah perangkat yang vital pada kendaraan,maka dari itu kita musti selalu melakukan pengecekan rutin terhadap perangkat ini. Bayangkan jika kendaraan tidak dilengkapi dengan rem.Bayangkan saja ya jangan diprakterkkan,nanti bisa bahaya haha

Terutama kendaraan matic seperti motor vario saya ini.Untuk memperlambat laju kendaraan hanya mengandalkan brake set yang didalamnya terdapat kampas untuk mencekam piringan (disc brake) beserta penurunan putaran pada gas.

Berbeda dengan motor manual yang masih ada cadangan untuk memperlambat laju kendaraan yaitu dengan engine brake.Dalam kondisi darurat untuk motor dengan transmisi manual masih bisa menggunakan engine brake dalam pengereman.

Sudah beberapa hari ini saya rasakan motor saya kurang begitu sempurna dalam pengereman dan ada bunyi ketika melakukan pengereman seperti suara yang bergesekan.

Setelah saya cek ternyata kampas rem depan motor saya sudah habis dan bahkan sudah memakan piringan cakramnya karena bergesekan dengan besi plat dikampas rem.

Karena kampas habis maka terjadi gesekan besi (dudukan kampas ) dengan piringan cakramnya yang mengakibatkan piringan cakramnya ada step.Akhirnya saya putuskan untuk segera mengganti kampasnya dengan yang baru sebelum lebih parah harus ganti discbrake karena terkikis karena gesekan.
Kampas rem depan honda vario
Kampas rem depan honda vario
Saya beli kampas rem di toko sparepart yang dengan harga 15ribu.Ada saran sebaiknya beli kampasnya yang KW.kenapa beli yang bukan original? 

Karena dari beberapa kasus kampas yang original itu keras sehingga yang kalah ketika bergesekan adalah disc brake nya (piringan cakramnya) sedangkan yang imitasi lebih empuk jadi aman buat disc brake tetapi kekuranganya adalah kampas lebih cepat habis.

Nah part yang saya beli ini ga tau asli atau kw karena saya juga tidak bisa cara membedakanya.

Baca juga : Cara ganti gear box speedometer vario
                           : Cara pasang charger port di motor matic

Langsung ke tahap eksekusinya.Begini cara penggantian kampas depan vario versi saya :
Ganti kampas rem depan honda vario cbs 110
Ganti kampas rem depan
Buka pengait kepala babi dengan kunci T8,karena saya tidak punya kunci bintang untuk membuka dudukan yang menempel di shockbreakernya akhirnya saya harus melepas roda depan untuk membuka kampasnya.

Buka baut as roda dari sebelah kanan dengan kunci shock kemudian pukul asnya pakai kayu agar mudah mencabutnya.Jangan memukul pakai besi supaya ulir yang ada di as tidak rusak.

Lepaskan kabel speedometer dari rodanya dan lepaskan roda dari shockbreakernya.Kemudian ambil kampas rem yang lamanya dari kepala babinya.

Nah untuk merenggangkan posisi kepala babi,saya menggunakan clamp C atau juga bisa diketok diarea kepala babinya untuk memudahkan dalam pemasangan kampasnya.

Lalu pasang kedua kampas yang barunya dan pasang kembali roda depannya dengan urutan terbalik dari ketika membongkar.

Setelah semua part dipasang dengan benar,cobalah lakukan putaran roda kemudian rem.Ulangi beberapa kali agar cakramnya bekerja sempurna.

Pada tahap awal,rem memang terasa berat disebabkan kampas masih baru dan area kampas masih kasar.

Setelah jalan beberap kilometer kemudian sudah biasa lagi.Pengereman vario sayapun menjadi lebih pakem.
Dokumentasi kurang lengkap karena kemarin kelupaan hehe Ganti kampas rem selesai.Semoga bermanfaat