Cara Mengeringkan Dan Membersihkan Foglamp /Lampu Kabut Kemasukan Air



Cara mengeringkan dan membersihkan foglamp yang kemasukan airPernahkan anda mengalami foglam mobil kemasukan air? Kenapa foglam bisa kemasukan air?Lagi lagi kasus ini terjadi dengan mobil xenia saya yang waktu itu kemasukan air di dalam foglamnya hingga mencapai setengah.

Ketika itu mobil saya melewati genangan air yang tingginya sekitar setengah roda dengan jarak tempuh kira kira 1km.

Setelah sampai rumah saya cek dibagian mesin yang niat awalnya hanya untuk membersihkan kotoran kotoran yang terjaring waktu merenobos air tadi.Setelah semua saya bersihkan kemudian saya beraliih pandangan ke depan mobil saya.

Lalu saya lihat area foglamp dan ternyata air sudah menggenang didalam foglam mobil saya yang tingginya sampai setengah diameter foglamp.

Saya coba test dengan menayalakan foglampnya dan saya lihat ternyata foglamp masih menyala.Tetapi saya khawatir jika saya biarkan air masih didalam foglamp nanti bisa merusak komponen foglamp dan khawatir kalau terjadi konsleting.

Baca juga : Cara setting ketinggian sinar lampu depan

Akhirnya saat itu juga saya bongkar sendiri selagi ada semangat,kalau nunggu besok khawtir lupa dan malas hehe.

Jika kondisi perekat foglam masih normal (biasanya sealent) seharusnya air tidak bisa masuk kedalamnya.Tetapi jika air bisa masuk ini berarti ada kebocoran di seputaran foglam tersebut.

Yang sering terjadi adalah lem/sealent sudah ada celah akibat pemakaian yang sudah berumur ataupun pengeleman dari pabrik yang kurang bagus atau ada penyebab yang lain.

Dan saya cek ternyata memang perekatnya sudah tidak serapat waktu beli baru.

Baca juga : Cara mudah ganti wiper belakang

Langsung dah saya bongkar dan begini step by step prosesnya :

Cara mengeringkan dan membersihkan foglamp yang kemasukan air
Cara mengeringkan dan membersihkan foglamp yang kemasukan air
Buka lock pengunci pada inner fender atau penutup yang berada diatas ban mobil supaya area jangkauan untuk membuka foglam lebih lega (gambar no 2).

Cara membuka locknya yaitu dengan menekan pin yang ditengah dengan obeng (Gambar no 1),setelah longgar barulah dicabut keluar semuanya.Buka 4 posisi saja sudah cukup atau juga boleh membuka 6 posisi lock.

Setelah terbuka maka kita sudah bisa melihat posisi foglam dari dalam.Dan disitu terlihat ada baut yang berfungsi untuk menempelkan rumah foglamp.

Kemudian kendorkan keempat baut pada foglam dengan obeng (+) kemudian lepaskan socket lampu yang menempel di foglamp.

Setelah itu cabut atau keluarkan foglam dari dudukanya dengan cara sedikit diputar sampai terlepas.Langkah selanjutnya adalah,ambil rumah foglamp tersebut dari bumper.

Kemudian lepaskan bohlamp dari dudukanya.

Setelah bohlamp terlepas kemudian keringkan foglamp dengan kanebo sampai air benar benar hilang,kemudian jemurlah agar sisa sisa air semakin kering.

Baca juga : Bahaya ganti bohlamp mobil dengan watt lebih besar

Setelah kering maka pasang kembali bohlamp ke dalam dudukanya,periksa apakah seputaran penutup kaca/plastik foglam ada area lem atau sealent yang bocor.

Jika perlu tambahkan sealent agar tidak ada celah yang bisa mengakibatkan air masuk kembali.Atau gantilah dengan sealent yang baru.

Setelah semua selesai maka pasang kembali foglamp dengan urutan terbalik seperti waktu melepasnya.Kalau nanti ketika kita mencuci atau lewat genangan air dan air masih bisa masuk berarti lemnya masih ada yang bocor.Lakukan proses berulang seperti tadi.

Demikian tips dari saya semoga bermaanfaat.Ikuti terus blog ini untuk tips tips selanjutnya

Post a Comment for "Cara Mengeringkan Dan Membersihkan Foglamp /Lampu Kabut Kemasukan Air"