Cara Membuka Dan Melepas Cover Batok Kepala Motor Honda Vario

Mazcecep mempunyai motor matic honda vario cbs techno ini sejak tahun 2009 dan dari sejak itu pula belum pernah membongkar cover batok kepala pada motor vario saya ini. Karena memang dari tahun 2009 saya beli,motor vario saya ini belum pernah mengalami kerusakan dibagian cover kepala ataupun dibagian speedometernya sehingga walaupun motor sudah berusia hampir 10tahun cover batok kepala vario ini belum pernah dibuka sama sekali. Alhamdulillah ya.

Namun seiiring berjalanya waktu,atau karena mungkin sudah tiba waktunya beberapa partnya mengalami keausan atau error sehingga mengharuskan untuk diganti dengan yang baru ataupun direpair.Beberapa part pada vario saya yang berhubungan pada bagian batok kepalanya yang harus diganti adalah untuk kabel speedometernya,ganti bohlamp speedo yang mati,dan adanya malfungsi pada indikator bensinya.


Jika anda juga belum pernah membuka cover batok kepala vario pada motor anda,maka anda berada diblog yang tepat karena mazcecep akan membagikan cara membongkar cover varionya.Begini step atau langkah-langkah cara membuka cover batok kepala honda vario cbs techno 110cc ataupun sejenisnya :

1.Siapkan kunci atau alat
Tahapan pertama adalah anda siapkan alat alatnya yaitu kunci 10,Kunci L,Obeng plus (+) dan obeng minus (-).Setelah alat siap,selanjutnya bisa dimulau melepas satu persatu baut dan cover yang terkait.

2.Lepaskan plat nomor dan dudukanya
Cara melepas cover honda vario
Cara melepas cover honda vario
Cara melepaskan cover kita mulai dari melepas plat nomor dan dudukanya dengan cara kendorkan dan lepaskan plat nomer dengan kunci L (karena plat nomor saya memakai baut L).Jika plat nomor anda memakai kunci obeng maka bukalah dengan kunci obeng. Setelah kedua baut terlepas lalu lanjut lepaskan dudukan plat nomor dengan melepaskan kedua bautnya dengan memakai kunci 10 (bisa memakai kunci pas,kunci ring,kunci T atau shock).

Baca juga : Cara ganti shockbreaker belakang honda vario
                   : Cara pasang charger di motor matic
Cara melepas cover honda vario
Cara melepas cover honda vario
3.Lepaskan cover bawah
Setelah plat nomer dan dudukan terlepas, lanjutkan membuka kedua baut cover yang ada dibawah batok kepala dengan obeng plus (+). Setelah baut terlepas selanjutnya tarik atau dorong covernya keatas hingga locknya terlepas. Baut cover ini ada di kanan dan kiri dibawah stang.
Cara melepas cover honda vario
Cara melepas cover honda vario
Baca juga : Cara ganti lampu utama honda vario
                   : Cara ganti kampas rem depan honda vario

4.Lepaskan cover kepala
Kemudian lanjutkan melepas kelima baut yang ada dicover batok kepala dengan menggunakan obeng plus (+). Setelah semua baut terlepas,kemudian lepaskan dahulu cover batok kepala bagian depan kepala atau yang berada diatas lampu headlamp dengan cara ditarik sampai penguncinya terlepas. 


Setelah itu lanjutkan kembali membuka kedua baut yang mengunci cover belakang dengan obeng plus (+). Setelah baut terlepas maka cover batok tinggal anda angkat dan sudah terlepas.
Cara melepas cover batok kepala vario
Cara melepas cover batok kepala vario
Atau lihat video cara bongkar batok kepala vario dibawah ini : 
Untuk memasangnya kembali anda tinggal mengikuti langkah langkah diatas tadi namun dengan tahapan sebaliknya hingga yang terakhir adalah plat nomor.Demikian tips cara membuka atau melepas cover batok kepala motor honda vario cbs techno dari mazcecep. Semoga bermanfaat.