8 Tips Penting Sebelum Membeli Mobil Bekas (Second)

Tips Membeli mobil bekas yang aman
Mobil bekas (pict from google)
Mobil adalah kendaraan yang kini sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Ditambah pula saat ini banyak mobil bermunculan yang menawarkan harga murah dengan fitur menarik. Selain daya tarik tersebut, pihak ketiga alias pemberi kredit seperti leasing pun saat ini lebih memudahkan persyaratan untuk konsumenya,tinggal anda pilih jenis kredit yang mana, type biasa,ballon payment atau yang lain.

Beberapa alasan orang membeli mobil diantaranya adalah untuk keperluan bisnis ataupun hanya untuk keperluan keluarga saja. Faktor transportasi umum di Indonesia yang masih jauh dari kata nyaman memang membuat banyak orang kemudian memilih untuk membeli kendaraan pribadi ketimbang bepergian dengan kendaraan umum.

Namun sayangnya tidak semua orang bisa membeli mobil yang diinginkan. Walapun dipasaran mobil segmen LCGC menawarkan harga murah.
Baca juga : Lakukan cara ini agar air tidak masuk ke rumah filter

Jika kebutuhan akan mobil memang mendesak namun keuangan tidak mencukupi untuk membeli mobil baru, maka cara mensiasatinya adalah dengan membeli mobil bekas atau second. Setiap orang memang memiliki pandangan masing-masing terhadap mobil bekas.

Namun jika kita cermat ketika membelinya maka mobil bekaspun masih bisa kita dapatkan yang berkualitas namun harganya terjangkau.Untuk Anda yang memang berniat membeli dan mengincar mobil bekas yang bagus dan berkualitas, anda bisa menerapkan beberapa tips yang saya tuliskan dibawah.

1. Tempat Pembelian
Tempat pembelian mempunyai pengaruh tinggi terhadap kualitas maupun harga. Saran terbaik adalah anda membelinya langsung dari tangan pertama dan anda mengenal pemilik mobilnya sehingga bisa tahu pemakaian dan perawatan terhadap mobil itu.

Apakah tidak boleh membeli dari showroom mobil? Boleh saja namun anda musti cermat dalam memilihnya. Membeli di Showroom memang memberikan banyak pilihan mobil bekas yang dijual dengan berbagai varian.

Selain harga yang sudah tinggi jika dibanding dengan pemilik langsung, beberapa masalah pada mesin juga sering ditemukan akibat dari oknum showroom nakal yang hanya mementingkan untung.
Baca juga : Cara Mengemudi di tanjakan macet agar tidak mundur
                   : Cara menghitamkan plastik dan karet mobil yang kusam

Membeli mobil bekas dari makelar atau calo juga menjadikan harga mobil lebih mahal. Jika makelar professional, dia akan memberikan keterangan pada mobil sesuai faktanya karena tidak terlalu bernafsu untuk mendapatkan untung.

Tetapi tak sedikit pula makelar yang tidak bicara sesuai kondisi mobil sebenarnya karena mereka hanya mengejar untung banyak atau komisi tinggi. Maka segala kekurangan akan ditutupi dan selalu mengatakan sisi bagusnya saja.

2. Eksterior Mobil
Langkah selanjutnya yaitu pengecekan exterior atau tampilan luar mobil. Lakukan pengecekan pada bagian yang paling pertama terlihat ini. Pada bagian eksterior mobil ini beberapa bagian mobil yang harus dicek adalah bagian bodinya.

Perhatikan apakah ada noda aspal,ada goresan (scatch) atau rusak pada bodi mobil ini misalnya dented atau penyok, bagaimana kondisi cat-nya, apakah masih mulus atau sudah kasar dan kusam. Untuk kondisi cat apakah sudah dicat ulang (repaint) atau masih original biasanya ada triknya sendiri.
Baca juga : 12 Cara mengusir tikus dari ruang mobil

Tanyakan pada yang berkompeten. Kemudian perhatikan pula bagian kaca, apakah ada bagian yang retak atau pecah.

Perhatian berikutnya adalah pada bagian lampu, apakah mika lampu sudah kusam ataupun ada yang gores maupun pecah. Kemudian periksa juga keadaan keempat ban beserta velgnya, apakah masih oke atau tidak. Dan periksa juga apakah ban cadangan tersedia dimobilnya.

Jangan lupa intip juga bagian kolongnya apakah chasis-chasisnya masih bagus atau sudah berkarat atau bahkan sudah keropos.

3. Interior
Setelah selesai dengan bagian eksterior , saatnya untuk mengamati bagian interior mobil. Beberapa komponen interior mobil yang perlu kita cermati antara lain bagian dashboard, panel panel apakah komplit, karpet, serta perhatikan kualitas jok dan bagian plafonya. 

Pastikan untuk coba menduduki jok, tarik ke belakang, dan cek kualitas pelapisnya. Perhatikan juga kelengkapan safety belt (sabuk pengaman) komplit dan sandaran kepala (headrest)nya.
Baca juga : Cara mudah dan murah membersihkan interior mobil

4.Fungsi aksesoris
Langkah berikutnya adalah cek bagian aksesorisnya secara fungsional. Aksesoris disini meliputi lampu-lampu,panel-panel wiper,ac,blower,power window atau bagian buat naik turunya kaca.


Alarm mobilremote mobil, pemantik atau ligter, indicator di area speedometer, Odometer,RPM, dan lain-lainya. Periksa apakah semua aksesoris ada masalah atau masih berfungsi normal.

5. Performa Mesin Mobil
Inilah bagian penting dari proses pengecekan yang harus paling dicermati dan tidak boleh terlewatkan. Hidupkan mesin mobil dan perhatikan bunyi mesin yang menyala. Mesin yang terdengar baik adalah mesin yang terdengar halus dan tidak kasar. Lihat juga bagian mesin mobil apakah bersih, tidak ada bekas tikus dan lainya. Mesin bersih biasanya menandakan kalau pemilik mobil suka merawatnya

Mobil yang masih bagus juga memiliki ciri mudah di-starter. Setelah menyalakan mesin cobalah untuk melakukan tes drive. Cobalah untuk mengoper gigi, pastikan bahwa oper gigi ini berjalan dengan lancar dan tidak ada tanda kampas kopling aus

Rasakan benar kondisi mobil saat berjalan. Bila terasa berat, cenderung berbelok kearah kiri atau kanan, sebaiknya Anda berpikir dua kali untuk membelinya. Dalam tes drive ini cobalah untuk melewati jalan yg kurang rata untuk mengetes baik tidaknya kondisi kaki-kaki mobil. 
Baca juga : Keuntungan dan kerugian kredit balloon payment

Untuk keseluruhan proses tes drive ini sebaiknya anda melakukannya bersama si penjual agar si penjual juga mengetahui kondisi mobilnya.

Banyak mobil bekas yang habis terkena banjir kemudian dijual oleh pemiliknya. Mobil yang sudah terkena banjir biasanya ada beberapa komponen yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Maka dari itu teliti dengan cermat kondisi mesinya

6. Kelengkapan Surat dan toolkit
Surat-surat kendaraan adalah hal krusial yang juga wajib Anda perhatikan saat membeli mobil. Pastikan Anda mendapatkan BPKB dan STNK yang asli. 


Perhatikan keaslian BPKB dan STNK mobil tersebut, karena saat ini banyak sekali beredar surat-surat berharga palsu agar mobil curian laku dengan harga tinggi.

Anda wajib memastikan bahwa mobil yang akan Anda beli memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya. Dengan adanya BPKB dan STNK yang asli dan lengkap maka Anda akan dimudahkan untuk urusan balik nama dan administrasi lainnya.
Baca juga : Perbedaan asuransi Allrisk dan TLO,Pilih mana?

Cocokan nomor mesin dan nomor rangka dengan BPKB dan STNK nya apakah sama. Untuk lebih meyakinkan lagi, tidak ada salahnya untuk melakukan cek fisik di kantor samsat. Dengan cek fisik ini Anda akan bisa memastikan data dan informasi yang tertera di dokumen BPKB dan STNK sesuai dengan yang sebenarnya di mobil. 

Proses cek fisik ini tentunya bisa Anda lakukan setelah mendapatkan izin dari pemilik atau penjual mobil. Jangan ragu untuk meminta cek fisik pada pemilik. Jika Anda memang sudah yakin akan membeli mobilnya, pemilik biasanya akan bersedia jika mobilnya dilakukan cek fisik.

Periksa juga apakah kunci-kuncinya komplit. Itu penting untuk berjaga-jaga jika dijalanan kita mengalamai masalah pada mobil. Tool bawaan mobil biasanya dongkrak, kunci roda,dan beberapa kunci lainya.

Baca juga : Cara mengemudi mobil matic 

7. Ajak teman yang mengerti mesin mobil
Semua langkah diatas bisa anda lakukan sendiri,namun jika anda tidak mengerti tentang mesin mobil, alangkah baiknya mengajak teman anda yang mengerti mesin untuk mendampingi mengecek kondisi mobil supaya anda lebih yakin sebelum membelinya.

8.Service
Setelah anda membeli mobil bekas tadi, sebaiknya segera lakukan service dari beberapa hari setelah kita beli. Ini untuk lebih memastikan kondisi mobil yang kita beli tidak ada masalah yang fatal.

Hal yang utama adalah segeralah ganti oli mobil tersebut secepatnya. Beberapa kejadian pernah saya temukan dari teman yang membeli mobil bekas. Ada beberapa ulah oknum nakal yang memasukkan barang kedalam oli mobilnya sebelum menjualnya.

Ini bertujuan untuk mendapatkan suara mesin yang halus beberapa saat saja supaya calon pembeli tidak mengetahui kerusakan yang ada. Nah langkah mengganti oli ini adalah menjadi solusi tercepat.
Baca juga : Cara mudah menghilangkan jamur pada kaca mobil

Demikian beberapa tips sebelum kita membeli mobil, point penting sebelum membeli mobil bekas adalah periksa dengan cermat dan teliti setiap detailnya supaya kita tidak menyesal dikemudian hari. Semoga tips dari saya diatas bermanfaat bagi anda yang sedang mencari mobil bekas untuk dipinang..

1 comment for "8 Tips Penting Sebelum Membeli Mobil Bekas (Second)"

hadot June 15, 2022 at 12:08 AM Delete Comment
wah keren min artikel mobil bekasnya, cocok diterapkan di pabrik mobil , makasih min atas informasinya.