Cara Menggunakan Dongkrak Bawaan Mobil

Ternyata tidak semua pemilik mobil itu mengerti bagaimana caranya menggunakan dongkrak yang disiapkan oleh pabrik untuk mobilnya. Alat bantu yang satu ini walaupun kecil dan ringan namun mampu menopang atau menahan berat hingga 2ton.
Banyak pemilik yang menyepelekan atau menggampangkan cara menggunakan dongkrak ini. 


Dan ternyata ketika mobilnya tiba tiba ada kendala dijalan seperti ban kempes ataupun ban bocor mereka kebingungan bagaimana cara mengeluarkan dari tempatnya serta bagaimana cara memakainya. 


Spontan saja karena dia tidak tahu dan belum pernah menggunakanya maka langsung panik kebingunan dan segera meminta bantuan kepada orang lain yang terdekat atau menelepon temanya untuk dijelaskan caranya. Padahal sebenarnya bisa kita lakukan sendiri dengan mudah.

Baca juga ; Cara Mengganti sensor doorswitch mobil yang error
                   : Kabin mobil lebih terang dengan pasang LED

Sebagai pemilik mobil sebaiknya hal hal dasar seperti pemakaian dongkrak ini wajib dimengerti sebagai antisipasi dijalan jika terjadi ban kempes,ban bocor atau kerusakan lainya yang membutuhkan dongkrak sebagai alat bantunya.


Untuk anda yang belum tahu,kali ini mazcecep akan berbagi cara menggunakan dongkrak bawaan mobil tersebut. Berikut ini step by step penggunaan dongkrak mobil :


1. Letak dongkrak
Pada mobil jenis toyota avanza atau daihatsu xenia,letak dongkrak ini berada dibawah bangku atau jog penumpang bagian depan sebelah kiri sopir jadi satu dengan segitiga pengaman dan toolkitnya. Dongkrak ini diikat dengan clamp untuk mengunci supaya tidak berpindah tempat.

Baca juga : Cara mengganti oli transmisi mobil manual
                   : Cara mengganti oli gardan mobil
Cara menggunakan dongkrak mobil
Cara menggunakan dongkrak mobil
2.Cara mengeluarkan dongkrak 
Cara mengeluarkan dongkraknya adalah,buka dahulu pintu depan sebelah kiri kemudian tarik bangku penumpang kedepan supaya lebih leluasa. Selanjutnya buka pintu tengah sebelah kiri dan lihat dibawah jog depan tadi. 

Setelah itu lepaskan dongkrak dari clamp penguncinya dengan cara memutar  ulirnya ke arah kanan beberapa putaran sampai dongkrak meninggi dan terlepas dari klemnya. Setelah longgar atau terlepas,angkat dongkrak keatas dan keluarkan dari mobil anda

2.Menggunakan dongkrak
Setelah dongkrak diambil dari tempatnya,kini posisikan dongkrak sesuai area yang akan anda angkat. Posisikan dibagian besi yang kuat seperti chassis mobil supaya ketika dongkrak menopang berat kendaraan,mobil tidak tergelincir atau jatuh. 


Untuk meninggikan dongkrak adalah dengan memutar kekanan dan kekiri untuk mengendorkanya.

Baca juga : Cara mudah bongkar pasang per belakang avanza xenia

3.Menaikan dan menurunkan
Setelah posisi dongkrak sudah tepat,selanjutnya adalah mengangkat body mobil atau menaikkan dongkraknya dengan cara diputar kekanan.Supaya memutar dongkrak menjadi ringan ketika ada beban diatasnya adalah dengan memperpanjang tuas pengungkitnya. 


Baca juga : Cara membersihkan blower ac mobil
                   : Cara pasang filter ac mobil xenia avanza

Ambil tempat toolkit dari kain yang isinya ada kunci roda, kunci busi dan kunci lainya kemudian keluarkan semua besi panjangnya yg berjumlah 4pcs.Pertama masukkan besi diameter yang depanya melengkung untuk pengait ke lubang dongkrak. Selanjutnya masukkan besi pipih yang tengahnya bolong ke dalam besi diameter tadi lalu sambungkan kembali besi diameter yang satunya. 


Dan yang terakhir adalah masukkan kunci roda kedalam besi pipih tadi. Sekarang coba anda putar dongkraknya kekanan untuk menaikkan. Dengan bantuan besi ini maka beban kita selama memutar dongkraknya menjadi lebih ringan walaupun yang kita angkat adalah mobil.
Cara menggunakan dongkrak mobil
Cara menggunakan dongkrak mobil
Cara menggunakan dongkrak mobil
Cara menggunakan dongkrak mobil
Untuk menurunkanya tinggal kita putar saja dongkrak kearah kiri. Dan untuk mengembalikan dongkrak ke tempatnya adalah seperti ketika mengambilnya namun dengan langkah kebalikanya dari mengambilnya.
Baca juga : Cara membuka dan mengganti busi mobil
                  : Cara setting ketinggian lampu depan / headlamp

semudah itulah cara menggunakanya. Bagi anda para pemilik baru mobil sebaiknya ini wajib tahu,karena ada kalanya kita harus melakukan sesuatu sendiri tanpa ketergantungan dengan orang lain.

Demikian tips sederhana cara menggunakan dongkrak bawaan mobil dari mazcecep. Mudah bukan? Semoga bermanfaat