Pasang Colokan Charger Port USB HP Di Mobil

Pasang Colokan Port USB Charger Di Mobil
Pasang colokan usb carger mobil avanza xenia
Pasang colokan usb carger mobil avanza xenia

Diy kali ini adalah pasang colokan charger port usb tambahan di mobil xenia saya.Sebenarnya untuk colokan usb charger ini sudah bisa dilakukan melalui lighter atau pemantik r0kok. Namun karena saya rasa terlalu berantakan jika semua smartphone atau perangkat yang lain semua discharge di satu tempat lighter tersebut makanya saya memutuskan untuk menambah colokan charger usb ini di mobil saya.

Saya memasang tambahan colokan charger ini diarea panel headunit xenia saya yaitu disamping kiri tempat menyimpan kartu etoll. 
Baca juga penyebab lighter atau pemantik tidak berfungsi
: DIY Pasang colokan charger di motor

Karena tombol button ini tidak berfungsi maka saya ganti dengan USB port tadi. Anda bisa memsangnya dimana saja sesuai selera penempatan yang bagus menurut anda.Untuk port charger tambahan ini saya membelinya di toko online dengan harga 70ribu.


Ada banyak pilihan model namun saya memilih yang simple saja.Saya hanya membeli rumahnya saja alias tidak serta dengan kabelnya. 
Baca juga : Mengatasi sensor switch pintu error

Cara memasangnya cukup mudah dan di bawah akan saya share sedikit cara memasang colokan charge tambahan di mobil xenia saya :


Pertama adalah anda harus buka panel Head unitnya dulu.Cara membuka panel head unit ini adalah dimulai dengan melepas tempat asbak yang ada dibawah.Kemudian lepaskan lock dari plastic yang ada dibalik asbaknya. 


Setelah itu congkel pelan – pelan cover head unitnya kemudian Tarik ke belakang sampai semua lock pengaitnya terlepas. Tarik perlahan-lahan supaya pengait kuncinya tidak patah. 
Baca juga : Cara Menghilangkan bekas lem stiker di mobil
Pasang colokan usb carger mobil avanza xenia
Pasang colokan usb carger mobil avanza xenia
Langkah selanjutnya adalah lepaskan soket lampu hazard dan soket jamnya supaya posisi sewaktu memasang dan menyambung kabel lebih leluasa. Kemudian tekan lock pengunci button sebelah tempat etoll dan dorong kearah luar cover head unitnya sampai terlepas.

Potong dengan cutter bagian atas dan bawah pada area rumah button yang tadi dilepas supaya port tambahan yang akan kita pasang bisa masuk. Setelah dipotong rata kemudian cobalah masukkan port tambahan yang akan kita pasang. 

Kalau sudah masuk berarti kita tinggal sambung kabel-kabelnya. 
Baca juga : Mengatasi kaca spion mobil getar atau goyang

Kemudian sambung 2 kabel ke bagian port tambahan yang tadi. Sambung kabelnya sebelum anda memasang port tambahanya supaya lebih leluasa. 


Setelah tersambung kabel plus dan minusnya kemudian masukkan kabel dan port tambahan ke lubang button tadi sampai port tambahan mengunci dengan cover head unitnya. Baca juga cara bongkar pasang per belakang mobil

Selanjutnya adalah sambungkan kabel yang dari port tambahan tadi ke kabel lighter. Sesuaikan kabel plus dan minus dari port usb tambahan ke kabel plus dan minus dari lighter. 


Kabel plus di lighter adalah kabel yang berwarna biru dan kabel yang satunya berarti kabel negative. Jika anda punya solder sebaiknya kabel yang tersambung di port tambahan anda solder supaya kuat dan rapi. 

Namun jika tidak punya seperti saya maka lilitkan biasa lalu tambahkan solasi untuk menjaga short atau konslet.
Baca juga : Cara mengganti oli transmisi manual 
:Cara mengganti oli gardan
Pasang colokan usb carger mobil avanza xenia
Sambung kabel dari port ke lighter

Setelah kabel tersambung ke kabel lighter atau pemantik jangan lupa juga dililit dengan solasi supaya tidak konsleting. Pemasangan port usb untuk charger HP atau smartphone ditahap ini sudah selesai. 

Selanjutnya adalah rapikan dan pasang kembali soket yang tadi kita lepas dan cover head unitnya.Sebelum anda memasang kembali cover head unit sebaiknya anda lakukan test dulu supaya jika terjadi kesalahan tidak bongkar pasang lagi. 

Colokkan anak kunci kemudian putar ke posisi acc. Jika port charger tambahan tadi menyala berarti pemasangan sudah benar dan bisa anda pasang kembali cover head unitnya. Baca juga Cara cepat membersihkan blower AC mobil

Demikian sedikit sharing tentang cara menambah colokan charger HP di mobil xenia atau avanza. Terimakasih sudah berkunjung di blog mazcecep dan semoga bermanfaat. 

Baca juga : Cara mengganti air radiator mobil
                  : Cara pasang filter kabin (AC) mobil xenia avanza