Cara Mengganti Air Radiator Mobil Yang Benar

Cara Mengganti Air Radiator Mobil yang Benar
Radiator adalah sistem pendingin yang ada pada sebuah mobil yang memiliki fungsi sangat penting sebagai pengontrol suhu yang ada pada mesin kendaraan saat sedang digunakan. 
Cara menguras radiator mobil
radiator mobil

Posisi radiator ini biasanya terletak dibagian depan mesin mobil anda.Pada umumnya jika kondisi radiator pada mobil bermasalah maka akan terjadi overheating atau kondisi suhu yang terlalu tinggi pada mesin mobil dan bisa mengakibatkan mobil mati mendadak.

Jika kondisi pada radiator tersebut  terus menerus dibiarkan maka akan mengakibatkan kerusakan fatal pada mobil anda. 
Baca juga Penyebab mobil susah dihidupkan
                  : Anda perlu tahu juga penyebab aki soak,tekor atau drop
                  : Cara jumper aki mobil dengan motor

Maka dari itu sebaiknya radiator mobil anda selalu dijaga kondisinya untuk menghindari overheating atau kejadian yang tidak diinginkan ketika dalam perjalanan dan juga supaya komponen mobil tersebut (radiator) agar tetap awet dan mempunyai lifetime yang lama.


Untuk menjaga agar radiator tetap bekerja dengan normal,anda bisa melakukan pengecekan rutin dibengkel resmi atau bengkel langganan setiap interval jarak 20ribu kilometer. 

Perawatan rutin bisa dengan mengecek volume air radiatornya atau juga dengan menggantinya dengan yang baru setiap 20ribu kilometer atau ketika air radiator sudah kotor.
Baca juga : Mengatasi pemantik (lighter) mobil tidak berfungsi
                  : Cara memasang talang air (door visor) mobil

Kondisi air radiator yang kotor bisa anda lihat melalui lubang yang ada pada bagian atas radiator mobil anda.Untuk mengganti air radiator mobil anda bisa lakukan di bengkel atau juga bisa anda lakukan sendiri digarasi rumah. Nah berikut langkah langkah cara mengganti air radiator mobil 


Pertama pastikan mobil anda dalam keadaan dingin sewaktu melakukan pergantian air radiatornya supaya tidak mencederai bagian tubuh anda.Kemudian buang air radiator yang lama dengan cara membuka tutup lubang pembuangan yang letaknya ada dibawah radiator mobil anda.


Anda juga perlu untuk membuka tutup radiator bagian atas sewaktu membuang air yang lamanya dan usahakan sewaktu melakukanya pada saat mesin mobil masih menyala supaya air radiator yang lama terbuang habis. Setelah itu tunggulah beberapa saat hingga semua air radiator yang lama terbuang habis. 
Baca juga : Cara mengganti oli transmisi mobil
                   : Cara mengganti oli gardan avanza xenia

Cara berikutnya adalah matikan mesin mobil anda saat semua air radiator yang lama sudah terbuang habis.Setelah itu pasang kembali semua baut yang tadi anda buka ke tempatnya semula.Kemudain tuangkan coolant khusus untu radiator. 


Sebaiknya hindari mengisi radiator dengan air biasa atau dengan  air ac karena bisa menimbulkan kerak bahkan korosi pada radiator sehingga bisa mengakibatkan radiator terjadi kebocoran.Isi hingga penuh dan bahkan sampai meluap melalui pembuangan angin.

Setelah radiator terisi sampai penuh,langkah selanjutnya adalah menyalakan mesin mobil anda namun tutup radiator dibagian atas jangan anda tutup dulu alias biarkan pada kondisi terbuka. Biarkan mesiin mobil anda menyala dan tunggu beberapa saat sampai indicator temperatur yang terdapat dii panel dashboard anda mencapai posisi tengah.  


Setelah itu cobalah periksa volume air radiator mobil anda apakah berkurang atau sudah pas. Jika volume air radiator mobil kurang maka tambahlah sampai batas maksimal dan tutup kembali lubang pada bagian atas radiator mobil anda.
Baca juga : Cara bongkar pasang per belakang mobil avanza xenia
                   : Pasang peredam panas kap mesin

Selanjutnya periksa pada bagian reservoir tank atau tabung cadangan radiator dan periksa apakah volume air radiator kurang ataupun air radiator tersebut sudah kotor. Jika volume air kurang maka tambahkan coolant dan jika kondisinya sudah kotor maka gantilah air radiatornya dengan coolant yang baru. Caranya adalah dengan membuka penutup pada tangka radiator cadangan dan tuang semua airnya hingga habis.


Sesaat sebelum anda akan menggunakan mobil untuk pertama kali setelah anda menguras radiator, periksa telebih dahulu volume air radiator pada tangki radiator cadangan. Jika volume pada tangkia cadangan berkurang drastis maka hal tersebut menandakan kalua kondisi sistem radiator mobil anda bermasalah.

Baca juga : Cara cepat dan mudah membersihkan blower ac mobil
                   : Cara mengganti oli mesin mobil sendiri 

Demikian tips cara mengganti air radiator mobil sendiri dirumah.Sebaiknya lakukan penggantian air radiator mobil anda secara rutin supaya kondisi mobil anda tetap terjaga dengan baik dan lifetime lebih lama. Terimakasih sudah mengunjungi blog mazcecep.Semoga bermanfaat.