10 Hal Yang Wajib Anda Ketahui Dari Toyota Calya

10 Hal yang mungkin belum anda ketahui di Toyota Calya
Mobil LCGC jenis MPV keluaran Toyota ini laris manis dipasaran pecinta otomotif.Toyota calya yang merupakan mobil berpenumpang 7 ini memiliki fitur-fitur keren untuk menunjang kenyamanan penggunanya walapun harga mobil ini tergolong segmen mobil murah yang dibanderol dikisaran harga 150jutaan.Lalu apa saja sih fitur-fitur yang ada didalam Toyota Calya ini?

Fitur toyota calya yang harus anda tahu
Toyota Calya (Pict from Toyota Astra.co.id
Baca juga : Cara mengetahui konsumsi bahan bakar mobil
                   : Cara mengatasi sensor switch pintu yang error

Simak kesepuluh fitur di Toyota Calya ini yang mungkin belum anda ketahui :


1.Dua Pairing Bluetooth (koneksi Bluetoth)

Fitur ini terletak pada Head Unit Toyota Calya .Toyota Calya type G sudah memiliki Head unit yang disematkan didasboard depan yang bisa dipasangkan dengan dua perangkat bluetoth smartphone sekaligus atau istilahnya adalah pairing. Tidak semua jenis mobil LCGC para pesaingnya mempunyai fitur ini.

Ketika dinyalakan,bluetooth head unit ini akan secara langsung terdeteksi oleh handphone pintar (smartphone) dan anda cukup dengan meng klik tombol yang ada di tengah head unit untuk mengkonfirmasi pairing device. 


Setelah HP atau smartphone yang pertama sudah disambungkan maka head unit Calya tadi akan kembali mencari satu perangkat lagi dan bisai hubungkan dengan smartphone yang lainnya.Untuk mengganti perangkat Bluetooth mana yang akan anda pilih untuk streaming media, anda cukup dengan klik tombol yang bergambar Bluetooth.

Baca juga : Penyebab aki tekor atau soak
                   : Aki mobil soak? jumper saja dengan motor

2. One Touch Triple Turn Signal (sein kedip 3kali) 

Fitur one touch triple turn signal ini terletak pada tuas sein di Toyota Calya dan belum ada di mobil seperti toyota Agya ataupun mobil yang lebih mahal seperti Toyota rush,sienta,yaris yang hingga saat ini masih belum ada fitur ini.

Caranya adalah dengan menyentuh tuas lampu sein satu kali saja maka secara otomatis lampu sein akan berkedip secara langsung sebanyak tiga kali dan ini membantu memudahkan proses bermanuver pengemudi di jalan raya.


3. Klip Karpet 

Fitur ini terletak pada karpet pengemudi Toyota Calya
Fungsi dari klip penjepit ini adalah supaya posisi karpet tidak geser kemana-mana karena sering diinjak oleh pengemudi dank lip karpet ini hanya ada khusus di posisi pengemudi saja.
Baca juga : 3 cara solusi calya sigra ambles 

Cara menggunakanya cukup mudah,untuk membuka atau memasang karpetnya  yaitu dengan memutar kedua klip tersebut ke arah horizontal dan untuk menguncinya dengan cara memutar kearah vertical.

4. Wiper Belakang Otomatis 

Yang dimaksud menyala otomatis ini bagaimana?Fitur ini sedikit berbeda dengan kebanyakan.Wiper belakang ini tidak menyala otomatis ketika kaca terkena air atau saat hujan turun namun akan menyala otomatis ketika transmisi mundur (R) dimasukkan. 

Tapi itu juga belum bisa menyala dengan otomatis kalau wiper depan belum dinyalakan. Jadi wiper belakang akan menyala otomatis jika wiper depan diaktifkan dan gigi berada pada posisi R.

Baca juga : Ukuran wiper berbagai merk mobil
Cara mengganti wiper mobil 

5. Semi Intermittent Wiper 

Fitur ini berada pada tuas wiper depan dan belakang Toyota Calya Semua type calya sudah dilengkapi dengan wiper depan dan belakang yang tidak semua brand memasangnya untuk semua type.

Fitur ini berfungsi untuk menyalakan wiper dengan pilihan intermittent atau jarak tertentu diantara wiper aktif,ini juga tersedia untuk wiper belakangnya. Namun karena gap tersebut tidak bisa diubah maka disebutlah dengan semi intermittent.


6. Posisi Dongkrak 

Posisi dongkrak dari Toyota calya ini ada dibagian bawah kursi penumpang yang didepan. Cara mengambilnya dengan menggeser maju kursi penumpang tersebut hingga mentok lalu tarik bagian samping dongkraknya kemudian keluarkan dari dudukanya jika sudah terlepas.

7. Tidak Auto Up 

Ini bisa dibilang kekurangan dari Toyota calya yang berada pada area power windownya karena kaca tidak bisa dinaikkan secara otomatis dengan sekali sentuh. Jadi harus menunggu full menutup baru button dilepaskan. Tetapi untuk posisi membuka masih bisa dengan auto down alias sekali sentuh kaca langsung turun full.
Baca juga : Cara membuka jog mobil
                  : Cara mudah dan murah membersihkan interior mobil
8. Ban Serep 
Letak ban serep Toyota calya ini ada dibawah kolong bagian belakang atau dibawah bagasi mobil.

9. Panic Mode 

Fitur ini berfungsi untuk mencegah terjadinya kehilangan mobil atau fitur keamanan dari tindak kejahatan. Cara mengaktifkanya bisa baca disini

10. Lampu Otomatis Mati

Anda sering lupa mematikan lampu mobil?
Nah di Toyota calya ini anda tidak akan mengalaminya lagi karena Lampu Toyota Calya akan mati otomatis setelah anak kunci dicabut bahkan saat tuas lampu diposisi on. 

Baca juga : Cara pasang filter AC mobil

                   : Kabin mobil lebih terang dengan LED

Demikian 10 hal yang harus anda ketahui dari mobil Toyota calya jika anda akan membelinya atau toyota calya sudah menjadi mobil anda. Semoga bermanfaat