Cara Modifikasi Ceper Xenia Avanza Dengan Ganti Per Vios

Cara modifikasi ceper mobil daihatsu xenia dan toyota avanza
MOdifikasi ceper daihatsu xenia dengan ganti per
Cara membuat ceper harian xenia avanza
Setelah sebelumnya saya ulas cara caperin xenia dengan cara potong per,kali ini adalah dengan metode mengganti per dari mobil lain.Ulasan ceper dengan potong per bawaan mobil baca disini 

Pengalaman ceper metode 2
2.Per Vios,per All New Avanza,stopper mercy
Setelah kemarin hasil ceper kurang memuaskan karena mobil anjrut-anjrutan seperti naik kuda lumping serta stopper mentok gardan maka saya putuskan untuk mengganti formulanya.Cara kedua ini saya aplikasikan per milik mobil Toyota vios dan per dari mobil all new avanza.

Baca juga : Cara setel kopling avanza xenia
                   : Cara memperbaiki kaca spion goyang

Untuk per Toyota vios yang dipakai adalah per bagian belakang dan dipakai di xenia saya untuk bagian depan. Untuk bagian belakang memakai per milik All new avanza. Kedua per tersebut tetap saya potong agar mendapatkan jarak fender 2-3 dengan ban. 

Per xenia old (2004-2011) tidak sama dengan All new xenia atau avanza.Xenia saya adalah tahun 2011,jadi harus sedikit dirubah pernya agar masuk di dudukanya dengan baik.

Saya mengganti dengan per vios karena berpikir bahwa karakter per sedan biasanya lebih lembut ketimbang jenis MPV menengah seperti avanza xenia dan sejenisnya.Untuk kasus stopper yang mentok ke garden saya menggantinya dengan stopper mercy yang berwarna krem dan berbahan lebih empuk sehingga ketika mentok dengan gardan stopper ini bisa mengikuti contour dan tidak menimbulkan bunyi jedug lagi.
Stoper custom untuk ceper avanza xenia
Stoper custom avanza xenia

Baca juga : Cara memperbaiki sensor switch pintu yang error
                   : Cara mengganti wiper sendiri

Untuk stopper ini anda bisa dapatkan di toko online.Selain dengan stopper mercy yang disesuaikan dudukan bautnya dengan mobil xenia avanza,anda juga bisa menggantinya dengan stopper panther.Dan dudukan atau lubang baut juga harus disesuaikan lagi karena tidak sama dengan avanza xenia.

Seperti sebelumnya,untuk ujung per depan dan belakang dikasih selang juga dan diikat dengan kawat supaya per tidak lepas dan mengurangi suara gesekan antar besi.Biaya yang saya keluarkan untuk menebus per dan stopper tersebut adalah 700ribu.

Dengan rincian per belakang vios 300ribu,per all new avanza 250ribu dan stopper mercy 150ribu.Biaya jasa potong dan bongkar pasang di bengkel per adalah 200ribu. Total yang saya keluarkan adalah 900ribu.
Baca juga : Ganti Lampu kabin mobil dengan LED
                   : DIY pasang kamera mundur xenia avanza

Review ceper xenia dengan ganti per vios dan all new avanza :
-Harga tidak jauh berbeda dengan potong per bawaan mobil
-Ayunan per depan lebih lembut dari ceper sebelumnya yang menggunakan per bawaan xenia atau avanza.

-Ketika melewati jalan gelombang,jalan berlubang atau polisi tidur lebih lembut dari sebelumnya dan ayunan lebih enak tetapi bagian belakang tidak berbeda secara signifikan.
-Suara jedug dari stoper belakang hilang
-Diapakai untuk muatan full 7 orang masih aman dan tidak mentok.
-Untuk bagian belakang, ayunan per masih terasa keras.
-Untuk melibas tikungan dan jalan halus seperti jalan tol hampir sama dengan metode pertama

Baca juga : Cara mengetahui konsumsi bahan bakar
                   : Cara membuka jog mobil avanza xenia

Secara keseluruhan dari aplikasi metode ini di mobil xenia saya adalah lebih baik dibandingkan dengan metode pertama (Cara ceper dengan potong per bawaan mobil xenia avanza)

Untuk kondisi ini sudah saya coba perjalanan dari bekasi ke Surabaya dan sebaliknya dan hasilnya masih aman. Namun juga harus waspada ketika ada jalan jelek dan polisi tidur.
Karena ayunan belakang menurut saya masih kurang, maka saya mencari alternative metode lain supaya mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.Experimenpun masih berlanjut.

Metode ke 3
3.Per great corolla,per custom

Sebelumnya Metode 1 : Ulasan cara ceperin xenia avanva dengan potong per bawaan mobil

1 comment for "Cara Modifikasi Ceper Xenia Avanza Dengan Ganti Per Vios"

Dedy November 11, 2021 at 8:40 PM Delete Comment
Om per viosnya potong brp ulir ya