Service AC Mobil Xenia Li 1000cc Yang Kurang Dingin

Service ac mobil xenia li 1000cc yang bermasalah atau panas
Ac Mobil Xenia Li 1000cc
Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang ac mobil xenia Li 1000cc saya yang bermasalah yaitu panas atau kurang dingin.
Pendingin ruangan atau AC pada sebuah mobil sangat berpengaruh untuk memperoleh sebuah kenyamanan dari sebuah mobil ketika dikendarai.Baik itu untuk pengemudi ataupun penumpang yang ada didalam mobil tersebut.

Apalagi jika kita berkendara pada siang hari yang cuacanya terik dan ditambah dengan banyaknya debu atau polusi maka fungsi ac ini sangat berperan penting. Untuk itu sudah selayaknya agar AC mobil kita selalu dirawat dan diperhatikan supaya tetap berfungsi dengan baik.

Seperti mobil xenia saya ini yang 2 bulan terakhir ini saya rasakan kinerja ac kurang bagus alias kurang dingin atau panas serta bau apek ketika dinyalakan.Diwaktu siang hari yang terik saya harus memutar tombol pada panel ac pada posisi blower atau angin diangka 2 bahkan 3 dan posisi pendingin mentok. 

Ini tidak seperti kondisi sebelumnya yang maksimal sampai blower pada posisi 2 dan pendingin tidak sampai mentok pun sudah lumayan dingin. Xenia Li 1000cc hanya single blower,jadi tingkat dingin berbeda dengan mobil yang doble blower.

Baca juga : cara mengemudi yang aman di jalan tanjakan macet
                  : Cara mengetahui mobil anda irit atau boros

Apalagi jika mobil saya dibelakang ada penumpang,yang biasanya masih terkena hembusan dari single blowernya kali ini justru masih kepanasan bahkan sampai keringetan.

Setelah menunggu waktu luang akhirnya pada jumat lalu yaitu 12 november saya pergi ke bengkel  service ac mobil untuk check dan perawatan.Saya memilih jasa tukang service ac mobil ini didaerah depok tepatnya didaerah lenteng agung. Sebenarnya terlalu jauh karena lokasi saya berada di cikarang Bekasi.

Namun karena melihat dari beberapa rekomendasi teman yang sudah kesana maka saya memutuskan untuk ke bengkel tersebut.Perjalanan dari cikarang ke lenteng agung saya tempuh sekitar 1 jam 40 menit.Jam 9.30 saya sampai ke tempat service ac mobil tersebut.

Menunggu beberapa menit kemudian datang sang pemilik bengkel yang dengan ramah menyambut saya sebagai pasienya.Setelah sedikit menyampaikan keluh kesah tentang ac mobil xenia Li 1000cc saya akhirnya langsung check kondisi dan dilakukan service.

Baca juga : Ukuran wiper berbagai merk mobil
                  : 7 tanda ban anda harus segera diganti

Dari hasil pengecekan bengkel ternyata kondisi evaporator ac mobil saya sudah ada lendir dibagian bawahnya.Dia menjelaskan bahwa lender pada evaporator tersebut disebabkan oleh asap rokok dan juga parfum karena mengandung bahan kimia lembut yang tidak tersaring oleh filter ac pada kabin atau dashboard.

Selain itu ketika dicek pada bagian kompresor ternyata olinya tinggal sedikit.Untung saja segera saya periksakan ke ahlinya.Jika tidak mungkin kompresor akan mengalami masalah dan biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal lagi.Karena selama saya memiliki mobil ini dari 2011 baru 1x service AC.

Namun secara keseluruhan dari komponen ac mobil xenia 1000cc saya tidaklah begitu bermasalah dan hanya dilakukan perawatan rutin saja yaitu cuci evaporator,ganti oli kompresor,ganti Freon dan ganti filter kecil (Lupa namanya).

Lama pengerjaan kurang lebih sekitar 3jam yaitu mulai dari jam 10 selesai jam 2.Karena hari jumat maka waktunya terpotong Sembari menunggu ac mobil saya dicuci saya berbincang dengan sang pemilik yang sekaligus tehnisi ahli ini.
Baca juga : Cara membersihkan blower ac sendiri
                   : Cara pasang filter ac kabin mobil

Orangnya cukup ramah dan supel serta tidak pelit dalam memberi tahu masalah per Ac an,jadi sedikit menambah pengetahuan.Pokoknya orangnya enaklah diajak ngobrol maupun sharing. Dan dia juga tidak praktek nakal alias apa adanya atau istilahnya tidak getok harga.Malah dia jelaskan berapa modal,berapa ambil untung dan lainya .

Setelah service selesai,ruang mesinpun dicuci sehingga mesin saya terlihat bersih.Maklum jarang bersih bersih ruang mesin.Hasil pengecekan suhu ketika ac dinyalakan tembus diangka 5 derajat celcius.

Akhirnya setelah ngobrol ngobrol sedikit kemudian saya tanyakan berapa biaya servicenya. Dan beliau bilang biayanya 575.000 (lima ratus tujuh puluh lima ribu rupiah). Harga yang termasuk murah buat saya apabila dibandingkan dengan bengkel ac sejenis apalagi bengkel resmi seperti denso.

Beliau juga menggaransi servicenya selama 3 bulan.Jika ada masalah tinggal kembalikan saja mobilnya kesana dan dicek ulang.

Baca juga : Tips merawat ac mobil agar dingin dan awet
                   : Cara pasang talang air mobil 

Bagi anda yang mau service AC mobil saya sarankan ke tempat beliau.Selain ramah,baik,jujur dan murah,hasil servicenya pun tidak mengecewakan.Hanya sayang tempatnya jauh dari lokasi saya.
Ini kontak personya :
Nama bengkel : Adi Jaya AC
Nama pemilik : Om Adi
No HP : 0822-2754-2123
Lokasi lenteng agung Depok

Demikian semoga bermanfaat.

1 comment for "Service AC Mobil Xenia Li 1000cc Yang Kurang Dingin"

Anonymous February 15, 2019 at 10:06 PM Delete Comment
Li thn brp kang cecep.
Cikarang mana,sy sukadami,Li 2011