8 Kondisi Busi ini Bisa Mengetahui Kondisi Mesin Kendaraan

macam kondisi busi dan permasalahan pada mesin  kendaraan mobil atau motor
Macam kondisi busi
8 Kondisi Busi ini Bisa Mengetahui Kondisi Mesin Kendaraan .Melihat kondisi dari busi kendaraan kita,baik itu mobil ataupun motor sebenarnya bisa mewakili kondisi mesin kendaraan kita. Sesekali cobalah buka busi mobil atau motor anda dan lihatlah hasilnya. Ada beberapa keadaan pada busi yang umum ditemukan dan dari setiap kondisi tersebut mewakili kondisi dari mesin kendaraan kita (mobil atau motor).Dibawah adalah beberapa kondisi busiyang diakibatkan dari kondisi mesin. 
Baca juga : Cara membersihkan bekas lem sticker
                  : Cara mengemudi yang benar ditanjakan macet

1.Kondisi Normal

Kondisi busi bisa dikatakan normal apabila warna abu-abu pada ujung busi mobil atau motor merata atau seperti warna merah bata dari bagian ujung elektroda sampai dengan selongsong businya.Jikalau warnanya lain seperti abu-abu muda makaitu diakibatkan dari setelan karburator terlalu irit bensin (pada motor) dan apabila  ada warna hitam pekat maka setelan atau setingan karburator kendaraan tersebut terlalu boros bensin.

2.Kondisi Basah

Kondisi ini biasanya ada diujung busi .Basah pada busi ini biasanya basah oli bukan dari bahan bakar. JIka seperti ini biasanya terdapat kebocoran pada mesin kendaraan (mobil atau motor) kita.Bisa jadi dari ring piston atau bos klep atau bisa jua oli mesin terlalu banyak sehingga seal klepnya kalah. Sehingga oli ikut terbakar di ruang pembakaran mesin sehingga meninggalkan sisa basah oli.
Baca juga : Tips merawat ac mobil agar dingin dan awet
                  : Cara menghitung konsumsi bahan bakar

3. Tertutup Kerak

Apabila busi motor atau mobil tertutup kerak,biasanya disebabkan karena kualitas bahan bakar  atau BBM yang kita pakai pada mobil atau motor kita kurang bagus. Bisa karena tercampur kotoran atau tercampur air.Dan bisa juga disebabkan kondisi sudut pengapian yang tidak tepat taupun bisa juga salah dalam pemilihan jenis businya.

4. Rata dengan keramik

Jika sudah seperti ini sebaiknya segera ganti busi mobil atau motor anda dengan yang baru.Biasanya kondisi ini akibat seringnya diamplas. 

5. Cacat Atau Rusak

Kondisi busi seperti ini biasanya disebabkan oleh bahan bakar yang kuran bagus dan mesin kendaraan bisa bunyi (ngelitik) atau juga karena jarak elektrodanya terlalu jauh. 
Baca juga : Tips deteksi kerusakan shockbreaker
                  : Mengatasi sensor dan kamera mundur mati 

6. Terdapat Bulu Putih

Jika busi mobil anda terdapat bulu putih maka biasanya terjadi kareana adanya cairan radiator yang bocor dan ikut terbakar pada ruang pembakaran mesin kendaraan. 

7. Busi Meleleh

JIka busi motor atau mobil anda meleleh,maka kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh nilai oktan bahan bakar yang kita pakai jelek atau rendah atau juga sudut pengapian terlalu maju dan bisa juga disebabkan kareana mesin terlalu panas.

8. Busi Mengkilap

Kondisi seperti ini disebabkan karena busi basah akibat sisa bahan bakar yang tidak ikut terbakar atau settingan pada karburator tidak pas dan terlalu boros.
Demikian beberapa kondisi busi yang bisa kita lihat untuk mengetahui kondisi dari mesin motor atau mobil kita.
Baca juga : Cara pasang talang air (door visor ) mobil
                  : Cara jitu hilangkan noda pada body mobil

1 comment for "8 Kondisi Busi ini Bisa Mengetahui Kondisi Mesin Kendaraan "

Unknown November 15, 2018 at 2:17 AM Delete Comment
Kondisi yang paling sering ditemukan di busi motor sih yang tertutup kerak ya. Nice info btw :). ditunggu postingan informatif selanjutnya gan