Inilah 11 Hal Penyebab Mobil Terbakar

Pemicu dan Penyebab mobil terbakar
Pemicu mobil terbakar
11 Pemicu Mobil Terbakar

Akhir akhir ini kita sering mendengar kejadian mobil terbakar. Musibah mobil terbakar ini tidak hanya menimpa mobil tua tetapi mobil keluaran tahun terbarupun bisa juga terbakar. 

Bahkan mobil mewah sekelas jaguar saya terbakar. Seperti yang terjadi di daerah pondoh indah Jakarta beberapa waktu lalu. Tentu pemilik mobil tak ingin kendaraanya hangus dilalap si jago merah.

Lalu apa saja penyebab atau pemicu terjadinya kebakaran pada mobil?
Berikut beberapa sumber sumber api yang wajib kita waspadai dan cermati pada mobil kita :
1.Knalpot
Periksa apakah Knalpot mobil anda ada yang bocor.Karena knalpot yang bocor bisa menjadi sumber percikan api karena uap panasnya tertransfer ke selang saluran bahan bakar yang lama kelamaan bisa jebol dan bisa meneteskan bensin.

Baca juga : Penyebab aki soak atau tekor
                   : Cara jumper aki mobil dengan motor

2. Material.
Maaterial yang mudah terbakar seperti kain,kertas atau bahan kardus di dalam exhaust manifold atau knalpot yang terbakar sehingg menyambar ke bagian lain yang mudah terbakar karena panas.

3. Kebocoran. 
Kebocoran ini biasanya terjadi pada selang bensin dikarenakan klem pengikat kurang bagus dan mengakibatkan kebocoran bensin di ruang mesin dan bisa tersulut saat mesin di hidupkan atau distarter atau dikala mesin mobil sudah panas.

4. Selang Power steering.
Dengan oli yang bertekanan tinggi dan mengalami kerusakan membuat olinya bisa menyebar ke exhaust manifold dan pada umumnya dialami dimobil yang selang power steeringnya dekat dengan exhaust manifold. Hal ini tidak akan terjadi jika sewaktu service selang juga ikut diperiksa.

Baca juga : Cara mengganti switch sensor pintu mobil yang error
                   : Cara mengatasi kaca spion mobil goyang

5. Penambahan part
Optional part atau Penambahan pada selang selang bahan bakar. Umumnya,kekuatan klemnya kurang baik sehingga bisa mengakibatkan bensin yang berada di ruang bensin menjadi bocor dan terbakar dikarenakan adanya pengaruh panas.

6. Solder.
Perhatikan penyambungan pada part part seperti kabel alarm dan lainya,dan pastikan penyambungan dengan solder ini benar dan kuat.Sambungan solder yang tidak tepat bisa menjadi pemicu kebakaran karena terjadinya korsleting listrik akibat kabel atau komponen elektronik kendor.

 7. Kabel listrik.
Kabel listrik juga bisa menjadi pemicu kebakaran akibat kabel yang tergencet dan mengelupas sehingga kabel menyentuh bodi yang menyebabkan terjadinya korsleting listrik. Maka perhatikan ketika instalasi kabel ini serta gunakan kabel yang sesuai

8. Kabel menumpuk.
Instalasi aksesoris tambahan atau penenmpatan kabel yang menumpuk bisa mennjadi pemicu terjadinya kebakaran diakibatkan adanya korsleting listrik dan kabel menumpuk ini sering terlihat pada bagian aki.Karena terkena guncangan sehingga kabel menyentuk bagian negative diaki atai pada body mobil yang bisa menimbulkan korsleting 

9.Sambungan kabel.
Sambungan kabel yang kurang kuat bisa juga menimbulkan korsleting kabel antara kabel positif dengan negatif. Ditambah pula dengan pemakaian fuse atau sekering yang tidak sesuai misalnya terlalu besar dari spek yang dianjurkan sehingga kabel menjadi panas.

10. O-Ring injector
Kemungkinan terjadinya kebakaran juga bisa disebabkan pada O ring di injector. JIkalau tanda-tandanya ada basah maka anda wajib hati-hati karena ini berarti O ring sudah getas dan membuat bahan bakar ke luar dari injektor dan jika dibiarkan dan terkena mesin yang panas maka akan muncul percikan api.

Baca juga : Cara menghitung konsumsi bahan bakar
                   : Kabin lebih terang dengan LED

11. Aksesoris tambahan
Pemasangan aksesoris tambahan juga bisa memicu kebakaran jika pemasangannya tidak benar. Sebagai contoh misalnya bohlamp headlamp diganti dengan bohlamp dengan watt besar. INi bisa mengakibatkan dudukan meleleh karena beban terlalu panas. Atau pemasangan aksesoris lainya yang salah dalam installasi. Maka anda harus berhati hati jika memasang aksesoris tambahan. Baiknya konsultasikan dahulu dengan ahlinya.

Ada pesan dari para mekanik mobil yaitu janganlah memperbaiki atau mengganti komponen  mobil yang berhubungan dengan bensin dan oli  menggunakan bahan imitasi dan periksalah di seputar mesin mobil barangkali ada barang yang tertinggal disana yang bisa memicu timbulnya api.