Modifikasi Mobil dan Motor Yang Ngawur Dan Membahayakan

Modifikasi mobil
Modifikasi mobil
Modifikasi mobil atau motor akhir-akhir ini seperti menjadi trend baru bagi pemilik kendaraan roda 4 atau roda 2 tersebut. Modifikasi dari yang hanya merubah sedikit dari aslinya sampai yang mengganti komponen asli dengan spare part after market atau aksesoris lainya.

Untuk gaya modifikasi memang tidak ada aturan atau standart pasti yang diberlakukan,lebih ke selera masing-masing pemilik kendaraan.
Namun begitu,jangan asal-asalan juga mengubah atau memodifikasi kendaraan kamu. Harus diperhatikan juga dari sisi safety atau keselamatannya. Keselamatan untuk sendiri dan keselamatan untuk pengguna jalan yang lain.

Memang sih,itu mobil kamu atau motor kamu hasil beli juga dari uang kamu. Tapi ketika sudah masuk ke ruang publik itu sudah berlaku pula aturan publik. Kita tidak bisa seenaknya saja seperti didalam pekarangan rumah sendiri.

Contoh simple modifikasi yang menurut saya ngawur dan bisa membahayakan pengendara lain adalah tentang pemasangan atau penggantian lampu.Seperti :

Mengganti lampu utama atau headlamp standart dengan lampu LED atau halogen warna putih yang menyilaukan.
Mengganti lampu rem dengan LED putih yang juga menyilaukan
Memasang strobo pada kendaraan pribadi (sipil)

Saya pribadi paling tidak suka dan jengkel jika berpapasan dengan mobil atau motor dengan headlamp LED tanpa cut off yang pancaran sinarnya menyebar ga jelas.
Pertama, sangat menyilaukan mata dan dalam beberapa detik mata seperti buta atau blank hitam. Dalam beberapa detik saja orang mengantuk bisa mengakibatkan bahaya dan mungkin berakibat fatal. Sama seperti ketika berpapasan dengan motor atau mobil dengan sinar lampu led ini.
Pun demikian halnya dengan lampu rem yang LED warna putih begitu.

Berkendara itu tidak hanya bermodalkan bisa,surat kendaraan (STNK) dan SIM saja. Kita juga musti patuh terhadap peraturan dan rambu-rambu lalu lintas yang sudah dibuat dan diterapkan karena itu bertujuan untuk kemaslahatan bersama. 

Selain peraturan yang sudah tersurat,kita juga musti mempunyai etika-etika berkendara yang lain agar semua bisa berjalan dengan baik dan aman didalam berkendara di jalan.

Saran saya jika ingin sinarnya warna putih namun tidak membahayakan,kamu bisa pasang lampu berproyektor atau biasa disebut Projie yang didalamnya sudah ada cut off sinarnya. Cut off berfungsi untuk membatasi sinar. Jadi pancaranya bisa disetting dan tentunya tidak menyilaukan kendaraan atau orang yang berpapasan dengan kendaraan kita.

Bijaklah dalam merubah atau memodifikasi kendaraan anda.Utamakan safety untuk diri sendiri dan orang lain.
Pelanggaran adalah salah satu sebab terjadinya kecelakaan.

2 comments for "Modifikasi Mobil dan Motor Yang Ngawur Dan Membahayakan"

Marsya March 27, 2020 at 3:02 AM Delete Comment
test
michelle April 15, 2020 at 10:08 PM Delete Comment
test