DIY Setting Sensitifitas Alarm Xenia Avanza Karena Alarm Sering Bunyi Sendiri

Mobil Xenia saya sudah beberapa minggu ini sering bunyi alarm yang tak jelas darimana penyebabnya. Bunyi alarm ini terkadang hanya sekali "Beeep" dan terkadang bunyi terus menerus seperti nada ketika button panic mode pada remote di tekan.
Setting sensitif alarm xenia
Setting sensitif alarm xenia
Bunyi suara klakson ini pertama kali saya ketahui ketika pada lebaran kemarin saya mudik ke surabaya. Ketika mobil sedang parkir di pinggir jalan, tiba tiba alarm mobil bunyi sendiri "beeeep". Kemudian saya keluar rumah untuk mengecek dan mengamati beberapa saat darimana asal bunyi tersebut.

Sekitar 2 jam saya tunggu sambil ngopi ternyata mobil mengeluarkan bunyi klakson sendiri ketika ada motor dengan knalpot racing yang berisik sedang melintas. 3kali saya perhatikan kejadianya selalu sama.

Beberapa hari yang lalu kejadian lagi ketika ada yang nyetel musik dengan volume tinggi dengan dentuman bass,tiba-tiba mobil saya bunyi alarm panic mode atau bunyi terus menerus.

Semakin hari sensitif alarm mobil saya semakin parah. Dari yang terdengar petir bisa bunyi sampai hanya di toel dengan tangan kosong pelan saja bunyi juga. Hampir seminggu menjadi bahan mainan anak saya yang dengan sengaja di tepuk body mobilnya atau ditendang banya biar keluar bunyinya.

Alarm yang terkadang bunyi sendiri ini biasanya disebabkan oleh door switch yang terkelupas plastiknya atau sudah rusak atau setelan dari sensitifitas alarmnya. Saya periksa semua doorswitch yang letaknya di pintu depan dan pintu tengah semuanya tidak ada masalah.


Sudah bisa saya pastikan bahwa sensitifitas alarmnya terlalu tinggi, jadi harus di atur ulang agar ketika ada suara sedikit berisik alarm tidak langsung bunyi. Sensor alarm ini biasanya memakai sensor getar. Jadi ketika ada getaran dengan kekuatan tertentu mobil akan mengeluarkan nada panic mode sebagai peringatan.

Tempat sensornya ini kalau di mobil xenia atau avanza berada di bawah stir mobil.Tepatnya ada di atas pedal kopling, jika mobilnya manual. Untuk cara menyetel sensitifitas alarm mobil xenia atau avanza anda bisa ikuti langkah-langkah seperti yang saya lakukan dibawah ini :

1.Buka cover yang berada di bawah stir dengan melepas kedua bautnya dan kedua locknya
Untuk membuka lock, bisa gunakan obeng dengan cara menusuk pada bagian tengah pengait tersebut baru kemudian dicabut.
Kemudian kita harus ngolong dibawah dashboard agar button sensitif alarm bisa terlihat. Button ini berwarna hitam dan berbentuk bulat seperti potensio.


2.Setel sensitifitas alarm 
Setelah ketemu, selanjutnya tinggal kita atur sebera sensitif alarm yang kita inginkan. Untuk menyetelnya sebaiknya sedikit demi sedikit terlebih dahulu sampai dirasa pas. 

Jika kebanyakan maka sensitifitasnya akan berkurang sehingga jika ada getaran respon alarmnya menjadi lambat atau bahkan tidak berbunyi.
Sensor ini juga sebagai pengaman jika mobil kita ada yang bertindak jahat misalnya memecahkan kaca atau di lempar batu dan lainya.

Sebelum melakukan pengaturan sebaiknya tandain dulu posisi awalnya supaya nanti kalau mau merubah lagi lebih mudah. Saya menandainya dengan spidol marker putih.

Jika kita memutar ke kiri atau berlawanan jarum jam maka sensitifitas berkurang dan ke arah kanan maka sensitifnya bertambah.

Setelah setting selesai selanjutnya tutup kembali cover-covernya. Demikian tips cara menyetel sensitifitas alarm mobil xenia avanza.
Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "DIY Setting Sensitifitas Alarm Xenia Avanza Karena Alarm Sering Bunyi Sendiri"