Sunroof,Moonroof,Panoramic roof : Penjelasan,Perbedaan,dan Fungsinya Pada Mobil

Sunroof,Moonroof,Panoramic roof : Penjelasan,Perbedaan,dan Fungsinya pada mobil
Sunroof,Moonroof,Panoramic roof : Penjelasan,Perbedaan,dan Fungsinya pada mobil
Sunroof,Moonroof,Panoramic roof apa sih itu? Ketiga istilah tersebut adalah sebuah komponen atau panel yang berada diatas mobil yang terbuat dari bahan kara atau plat yang tembus pandang dan dapat dibuka dan ditutup sesuai dengan keinginan si pemilik mobil.Ketiga jenis komponen tersebut biasanya langsung terpasang dari pabrikan pada mobil kelas premium .Namun banyak juga yang memodifikasi dengan memasangnya sendiri.Menggunakan atap kaca selama perjalanan dapat memberikan pengalaman yang berbeda bagi penumpang atau keluarga anda untuk menikmati pemandangan di sekeliling atau udara segar ketika melintas di pegunungan atau tempat wisata.
Meskipun begitu ternyata masih banyak yang belum paham apa itu sunroof,moonroof,panorama roof pada sebuah mobil.Meskipun orang tersebut mengaku sebagai penggemar dunia otomotif. Ketiganya mempunyai persamaan dan perbedaan.Bagi anda yang belum tahu,pada artikel ini akan saya jelaskan apa itu sunroof,moonroof dan panoramic roof beserta perbedaan,fungsi serta kelebihan dan kekurangan dari ketiga jenis kaca atap mobil tersebut .

Secara umum,dari ketiga jenis kaca atap tersebut (sunroof,moonroof dan panoramic roofa) memiliki fungsi yang sama persis, yaitu agar penumpang bisa menikmati pemandangan di luar mobil dar dalam mobil. Perbedaan mendasar dari ketiga jenis kaca tersebut adalah terletak pada cara kerjanya

Perbedaan Sunroof,Moonroof,Panoramic Roof
SUNROOF
Model kaca atap sunroof ini merupakan atap kaca yang apabila dibuka dapat membentuk sudut tertentu atau naik menuju ke atas atap. Kaca atap dapat bergerak keluar sehingga udara dapat masuk melalui sunroof ini. Sistem kaca sunroof ini dulunya digunakan sebagai teknologi ventilasi pada bus kota, dimana udara dapat mengalir bebas melalui ventilasi tersebut.

MOONROOF
Jenis atap kaca moonroof sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kaca sunroof. Jika sunroof mengangkat kaca, tapi untuk moonroof justru memasukkan kaca ke dalam atap sehingga tidak mengganggu aliran udara. Kaca ini biasa digerakkan secara otomatis dengan tombol tertentu sehingga tidak membuat rel mudah macet.Karena jika macet akan sulit untuk diperbaiki

PANORAMIC ROOF
Jenis atap terakhir adalah panoramic roof yang sering juga disebut sebagai panorama roof. Jenis kaca ini biasanya menggunakan ukuran kaca yang cukup besar, bahkan hampir sebesar atap mobil itu sendiri. Panorama roof berbeda dengan sunroof dan moonroof yang bisa dibuka kacanya.Panorama roof ini kacanya tidak bisa bergerak, yang bergerak adalah atap yang ada di bawahnya.

Fungsi Sunroof ,moonroof dan Panorama Roof Pada Mobil
Sunroof,Moonroof,Panoramic roof : Penjelasan,Perbedaan,dan Fungsinya Pada Mobil
Sunroof,Moonroof,Panoramic roof : Penjelasan,Perbedaan,dan Fungsinya Pada Mobil

Pada awal release nya ketiga jenis atap kaca mobil ini dijadikan sebagai fitur tambahan untuk mobil – mobil yang dipasarkan di negara - negara yang memiliki setidaknya 4 musim. Dengan adanya sunroof/moonroof/panorama roof ini pemilik mobil bisa menikmati suasana musim semi atau musim gugur dengan membuka atap kaca tersebut.

Fungsi lain dari Sunroof,moonroof dan panorama roof yang lain adalah sebagai berikut :
1. Mengurangi Bau Pada Mobil
Fungsi yang pertama adalah untuk mengurangi aroma atau bau tidak sedap apek pada mobil karena sebagai komponen yang memberikan sirkulasi udara pada mobil sehingga bisa meminimalisir bau atau aroma yang tidak sedap.

2. Menurunkan Suhu Mobil
Fungsi yang kedua adalah untuk menurunkan suhu didalam mobil . Umumnya setelah mobil terpapar sinar matahari maka suhu mobil akan meningkat sehingga membuat penumpangnya akan merasa cukup kepanasan. Nah disinilah fungsi sunroof/moonroof ini berperan untuk mengurangi suhu panas didalam mobil anda.

3. Melihat Pemandangan Secara Langsung
Fungsi yang ketiga adalah untuk melihat pemandangan disekitar secara langsung dari dalam mobil. Dengan  membuka sunroof atau moonroof ketika melewati jalan dengan view yang bagus akan mendatangkan kepuasan tersendiri untuk anda.Jika kebetulan turun hujan,anda bisa menggunakan panoramic roof untuk melihatnya

Kelebihan Memasang Sunroof
Beberapa kebihan menggunakan sunroof,moonroof atau panorama roof antara lain:

MenambahTampilan Mobil Menjadi Elegan
Kelebihan yang pertama adalah meningkatkan tampilan mobil menjadi lebih elegan dengan adanya sunroof ,moonroof atau panoramic roof pada mobil anda.Mobil anda akan terlihat seperti mobil yang elegan dan mewah dengan terpasangnya ketiga komponen ini.

Bisa Menikmati Udara Bebas
Kelebihan yang kedua dengan atap kaca ini adalah bisa menikmati udara bebas yang bisa langsung masuk ke kabin tanpa harus tergangu dengan suara berisik yang biasanya timbul jika anda membuka jendela samping

Menikmati View Yang Indah
View yang indah yang anda lihat benar- benar nyata tanpa harus dibatasi oleh jendela kaca mobil anda

Selain ketiga kelebihan diatas,pada konsisi tertentu seperti kampanye atau pawai, anda bisa memanfaatkan sunroof atau moonroof yang terbuka dengan berdiri dan mengeluarkan kepala untuk berorasi atau sekedar melambaikan tangan ke kanan dan kiri sambil menikmati pemandangan.

Kekurangan Memasang Sunroof
Adapun kekurangan memasang sunroof ini antara lain adalah sebagai berikut :

Ketika membeli mobil baru atau baru memasang sunroof di mobil anda,pada awalnya mungkin anda akan merasa senang dan bangga dan akan sering membuka tutup sunroof/moonroof tersebut. Namun lama kelamaan akan biasanya akan merasa bosan bahkan mungkin lupa kalau mobil anda ada sunroofnya.

Ketiga komponen atap kaca ini akan menambah berat mobil anda yang tentunya akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar (bbm) mobil. Karena pada umumnya seperangkat sunroof atau moonroof ini bisa memiliki bobot antara 25 sampai dengan 35 kg bahkan bisa lebh berat untuk sekelas SUV.

Ada kemungkinan terjadi kebocoran pada sekat sunroof /moonroof yang bisa mengakibatkan rembesan air masuk ke kabin mobil pada saat hujan deras atau ketika mobil dicuci.

Sama seperti jendela depan atau tengah pintu, sunroof ,moonroof atau panorama roof ini juga memiliki bagian - bagian yang terbuat dari bahan karet yang perlu perawatan serta pengecekan secara rutin agar perangkat mekanis buka tutup sunroof/moonroof tersebut tidak macet.Oleh sebab itu ketiga komponen atap kaca ini sebaiknya digunakan paling tidak satu bulan sekali untuk mencegah agar komponenya tidak macet.

Demikian penjelasan tentang atap kaca sunroof,moonroof dan panoramic roof pada mobil beserta fungsi /kegunaan serta kelebihan dan kekuranganya.Semoga bermanfaat buat anda

Post a Comment for "Sunroof,Moonroof,Panoramic roof : Penjelasan,Perbedaan,dan Fungsinya Pada Mobil"