Indikasi Atau Gejala Komstir Motor Rusak

Gejala dan penyebab komstir motor rusak beserta efek atau akibatnya
komstir motor
Tanda Komstir Rusak beserta Gejalanya
Motor mempunyai bagian komponen yang disebut dengan Steering Head atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Komstir dan pada bagian ini termasuk dalam bagian yang sering mengalami kerusakan. Kemudian apa sajakah yang menjadi tanda atau indikator komponen komstir ini mengalami kerusakan?

Berikut beberapa ciri Komstir motor anda mengalami kerusakan?
Tanda atau ciri yang biasanya muncul ketika komstir ini mengalami kerusakan antara lain bisa kita rasakan pada bagian kemudi atau stang yang terasa kurang maksimal saat kita melakukan manuver atau belok ke kanan ataupun ke kiri dan seolah-olah setang bergerak liar dan membanting atau seperti susah dikendalikan.

Baca juga : Tips cara deteksi kerusakan shockbreaker
                  : Arti tanda Huruf E pada indikator bensin

Pada kasus yang lainya biasanya setang atau kemudi akan terasa lebih berat ketika hendak melakukan belok serta terkadang  mengeluarkan bunyi seperti benturan kecil sewaktu menginjak jalanan yang  rusak atau dikala kita melakukan pengereman dengan menggunakan rem depan.

Kadang kadang juga, rem terasa kurang menggigit atau pakem akibat dari kerusakan komstir dikarenakan sewaktu melakukan pengereman akan ada sedikit jeda sebelum roda motor berhenti.

Indikasi yang lain juga akan terasa ada getaran ban di tangan dalam kondisi normal setang seharusnya statis atau stabil, tetapi karena ada kerusakan pada komstir ini maka kemudi menjadi tidak stabil.

Baca juga : Cara ganti tali kabel speedo vario
                  : Cara ganti Sensor Gear box speedometer motor matic
Gejala yang lain yang sering terasa adalah stang motor yang oblak atau terasa seperti mau copot.Ini menandakan bahwa ada kerusakan pada bagian komstir. Masalah ini sebenarnya  karena efek komstir yang tidak mampu lagi menstabilkan stang motor dan bisanya stang atau kemudi motor juga akan menjadi bisa digerakkan ke depan ataupun kebelakang.

Beberapa Penyebab Kerusakan Komstir?
Penyebab rusaknya komstir ini biasanya juga disebabkan oleh penggunaan motor yang kurang baik ketika melewati jalan berlubang atau area dengan medan jalan yang terjal. Sehingga dudukan bola-bola "pelor" yang ada didalam komstir menjadi cepat aus.

Masalah ausnya bola-bola pelor pada komstir ini juga bisa disebabkan oleh karena kurangnya pemeliharaan seperti bola-bola pada komstir yang kering karena kurang pelumas atau grease.

Baca juga : Cara bongkar cover batok speedo vario
                  : Cara melepas jog mobil
Ketika bola-bola pelor dan mangkuk komstir ini kering, setang akan berubah menjadi berat dan pelor menjadi gampang aus. Akibat selanjutnya yaitu pengikat komstir semakin kencang sendiri seiring dengan gerakan stang. Untuk solusi jika sudah demikian adalah dengan mengganti satu set komstir yang rusak dengan yang baru.

Namun,apabila setelan komstir ini hanya kendor, maka hal yang perlu kita lakukan adalah 
mengencangkannya kembali sampai mencapai posisi yang pas. Karena jika komstrir ini terlalu kencang juga tidak bagus. 

Selain mengencangkan setelan komstrir tersebut, kita juga lebih baik melakukan pemeriksaaan pada mangkuk atau inner race dan outer racenya dan juga pelornya. Bila diarea tersebut terdapat goresan atau mengalami kerusakan yang parah maka kita wajib mengganti semua satu set berupa mangkuk dan pelornya.

Andai dengan cara diatas masih belum cukup ampuh untuk mengatasinya maka tidak ada jalan keluar lain selain anda harus mengganti komstir yang rusak tersebut. Untuk masalah harga komstir di pasaran cukup bervariatif dan anda bisa menggunakan komstir bambu sebagai alternatif.

Baca juga : Cara jumper aki mobil dengan motor
                  : Cara membedakan oli palsu dengan oli asli

Demikianlah Tanda-tanda Komstir Rusak beserta Gejalanya. Semoga bisa bermanfaat.

Post a Comment for "Indikasi Atau Gejala Komstir Motor Rusak"