Mudik Ke Surabaya Dari Bekasi Hanya 9Jam Dengan Xenia

Perjalanan mudik ke surabaya
Perjalanan mudik ke surabaya
Jika mendengar kata mudik,yang terbesit dalam hati saya pertama kali adalah males. Kenapa?
Beberapa alasan saya adalah karena jarak rumah dikampung dengan tempat kerja saya yang jauh. Karena jauh pastilah membutuhkan waktu yang lumayan lama. Waktu yang lama akan berhubungan dengan kondisi badan dan izin kerja.
Maklum saya hanya sebuah buruh pabrik yang susah mendapatkan cuti atau izin dari perusahaan.

Dengan menggunakan pesawat saja saya harus menempuh waktu 6 jam. 3jam adalah perjalanan dari rumah ke bandara. 1 jam waktu tunggu pesawat di bandara,1.5 jam adalah waktu tempuh pesawat jakarta surabaya, dan 30 menit adalah perjalanan dari bandara juanda ke rumah surabaya.

Menggunakan angkutan umum lain seperti kereta,bus atau mobil pribadi bisa memakan waktu lebih dari 17 jam. Kecuali kereta yang bisa ditempuh dengan 10-11 jam belum termasuk perjalanan dari rumah ke stasiun. Kalau bukan karena keluarga di kampung,rasanya pingin mudik 3tahun atau 5tahun sekali saja. 

Namun sekarang (2019) keadaan sudah berubah, kemajuan insfrastruktur sangat banyak membantu saya dalam perjalanan mudik. Yang terbaru adalah dibangunya jalan tol trans jawa yang menghubungkan dari merak hingga ke surabaya.

Adanya jalan tol trans jawa ini benar - benar sangat membantu perjalanan dan mempersingkat waktu tempuh saya ketika mudik.

Hal ini sudah saya buktikan ketika minggu kemarin saya harus mudik dadakan karena orang tua meninggal pada tanggal 21 Juli 2019 di Surabaya pukul 17.00

Dengan berbagai macam pertimbangan, akhirnya saya memutuskan untuk pulang ke surabaya mengendarai mobil sendiri dengan xenia 1.3

Dari rumah cibitung ke Sidoarjo Surabaya hanya saya tempuh dengan waktu 9 jam saja. Dan itu sudah termasuk istirahat kira kira 1 jam.

Saya berangkat dari cibitung pukul 20.00 wib dan sampai rumah di Surabaya pukul 05.00 pagi menggunakan mobil daihatsu Xenia 1.3 keluaran tahun 2017.

Berangkat dari rumah melalui jalan arteri ke arah karawang dan mulai masuk tol di gerbang tol Dawuan Cikampek terus lewat tol sampai keluar tol lagi di gerbang Krian.

Berapa kecepatan saya di tol bisa sampai 9 jam? Rata rata saya melaju dengan kecepatan 130km/jam.

Kalau dilihat dari segi biaya memang terbilang lumayan mahal. Sekali jalan saja saya harus bayar tol sekitar 650Rb dari karawang sampai surabaya.

Namun semua tergantikan dengan waktu tempuh yang cepat dan kondisi badan juga tidak terlalu letih ketika harus mudik melewati jalan pantura yang bergelombang,macet dan pastinya lama.