Review Tol Trans Jawa 2019,Mudik Lebih Cepat Dan Hemat

Review tol trans jawa 2019
Review tol trans jawa 2019
Alhamdulillah tahun ini saya bisa mudik lebaran kembali ke kampung halaman. Mudik tahun ini adalah mudik ke Surabaya Jawa Timur tempatnya istri. Mudik tahun 2019 ini juga berbeda dengan mudik tahun tahun sebelumnya dimana perjalanan lebih lancar dan tentunya lebih menghemat waktu karena berkurangnya kondisi macet dengan adanya tol baru yaitu toll trans jawa. 

Tol Trans jawa yang baru diresmikan Presiden Jokowi tahun 2019 ini buat saya memang sangat membantu kelancaran arus mudik. Terbukti yang pada tahun sebelumnya saya bisa menghabiskan waktu 24 atau lebih selama perjalanan mudik,kini hanya cukup 12 jam saja atau setengahnya dari mudik sebelumnya.

Mudik tahun ini saya menggunakan mobil pribadi daihatsu xenia Li 1000cc dengan kecepatan rata rata 100km/h dari cikarang dan mulai masuk di tol karawang timur hingga keluar di exit tol krian menuju sidoarjo. Berangkat dari rumah pukul 15.00 tanggal 31 mei 2019 dan keluar tol krian pukul 03.00 tanggal 1 juni 2019.

Kalau bicara tarif tol trans jawa,memang sekilas terasa sangat mahal.Namun jika saya bandingkan dengan jumlah penumpang,waktu tempuh,biaya bbm dan juga dari segi kebugaran tubuh ternyata lebih menguntungkan dibandingkan dengan mudik melalui jalur non tol atau jalur pantura.
Baca juga : Cara menghitung konsumsi BBM 
Ini Sedikit review tol trans jawa dari saya sebagai pengguna selama mudik 2019
Lalu lintas
Macet mudik lebaran 2019 di ruas tol subang cikarang

Perjalanan mudik dari cikarang ke surabaya tidak menemui kemacetan yang signifikan,hanya beberapa puluh meter saja di gerbang tol cikampek utama. Arus balik terjadi kemacetan sekitar 2 jam mulai dari subang hingga cikarang. Selebihnya lancar jaya.

Kondisi Jalan
Kondisi jalan tol trans jawa ini menurut saya 90% sudah bagus.Hanya ada beberapa tambalan saja di ruas tol pejagan. Selain tambalan,ada beberapa ruas jalan yang perbedaan tinggi rendahnya cukup lumayan di beberapa sambungan jalan. Untuk yang mobilnya ceper sebaiknya hati hati jika melintasi jalan sambungan. Kondisi jalan yang kurang bagus ini banyak ditemui di jalur arah ke jakartadari jawa tengah.

Rest Area

Rest area toll trans jawa

Tempat peristirahatan atau Rest Area sepanjang tol trans jawa ini juga cukup banyak.Selain tempat parkir,rest area juga sudah dilengkapi dengan tempat ibadah dan pengisian BBM serta penjual makanan. Seinget saya hanya di ruas tol brebes sampai batang yang menuju arah jawa tengah masih belum ada rest area. Dan masih ada beberapa rest area yang sebenarnya belum selesai pembangunganya namun tetap dioperasikan sementara selama arus mudik.

Rambu Lalu lintas
Sepanjang jalan tol juga sudah dilengkapi dengan rambu lalu lintas yang cukup sebagai penanda pengemudi yang melewatinya.Bagi anda yang kehabisan saldo Etoll,juga bisa mengisinya di pintu gerbang dalam tol.

Demikian review tol trans jawa dari saya selama mudik lebaran 2019.Jika anda mempunyai opini lain silahkan tuliskan di kolom komentar

Post a Comment for "Review Tol Trans Jawa 2019,Mudik Lebih Cepat Dan Hemat"