Tidur di Mobil Bisa Menyebabkan Kematian? Ini Penyebabnya!

Hati hati,tidur didalam mobil bisa menyebabkan kematian
Hati hati,tidur didalam mobil bisa menyebabkan kematian
Tidur Di Dalam Mobil Bisa Menyebabkan Kematian? Mendengar kalimat ini mungkin anda akan kaget dan bertanya tanya. Memangnya bisa? Jawabanya adalah bisa. Nah,Pada tulisan kali ini saya akan berbagi sedikit tentang tidur di dalam mobil yang bisa menyebabkan kematian bagi penumpangnya.Anda mungkin pernah mendengar beberapa kasus meninggalnya penumpang mobil yang sebelumnya mereka sedang tidur didalam mobil karena alasan ingin istirahat karena kecapean atau alasan lainya.

Rasa lelah pasti akan menghampiri kita yang sedang melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan mobil.Tidak hanya sopir,penumpang yang hanya diam duduk dibelakang pun merasakan hal yang sama yaitu capek.Maka dari itu,diperlukan istirahat untuk menjaga stamina tetap prima dan tetap fokus mengemudi selama dalam perjalanan agar selamat sampai tempat tujuan.

Istirahat yang paling baik ketika mengantuk dan capek adalah dengan tidur. Tidur ini bisa dilakukan di dalam mobil maupaun di luar mobil.Tapi ternyata,tidur didalam mobil bisa menyebabkan kematian jika kita salah dalam melakukanya. Kenapa itu bisa terjadi?

Dari beberapa kasus yang paling banyak ditemukan adalah tidur didalam mobil dengan mesin hidup dan menyalakan pendingin ruangan (AC) dengan kondisi semua kaca pintu tertutup rapat dan mobil dalam keadaan diam.
Baca juga : Cara Mengambil kunci yang tertinggal didalam mobil

Memangnya kenapa kalau tidur didalam mobil seperti itu bisa meninggal? Meninggalnya penumpang didalam mobil tersebut,banyak yang mengira bahwa penyebabnya karena ac mobil nya. Ternyata anggapan tersebut tidak benar.

Dari beberapa sumber yang saya baca dan yang saya ketahui dari para pemerhati otomotif menyebutkan bahwa penyebab kematian akibat tidur dialam mobil tersebut adalah akibat kekurangan oksigen atau keracunan karbondioksida.
Baca juga : Cara membersihkan blower ac mobil

Resiko lain jika tidur didalam mobil dengan kondisi mesin hidup dan menyalakan ac dengan semua kaca tertutup namun mobil diam adalah badan akan menjadi lemas seperti tidak ada tenaga atau bahkan pingsan. Kondisi ini terjadi umumnya jika durasi tidurnya tidak terlalu lama,hanya dalam beberapa jam saja. Misalnya dalam 2-3 jam

Ada beberapa orang juga yang menyanggah dan mengatakan,kenapa kalau tidur didalam mobil tetapi mobil sedang keaadaan berjalan aman aman saja?
Baca juga : Mengatasi sensor parkir yang tak berfungsi

Karena jika kondisi mobil sedang berjalan maka gas buang dari knalpot akan terbuang ke belakang bersama hembusan angin dan system ventilasi berjalan dengan normal. Apalagi pada mobil bus yang sudah memakai blower di atas kabinya

Kembali ke permasalahan kenapa tidur di dalam mobil dengan kondisi diatas bisa meninggal? Berikut beberapa alasanya :

1. Ventilasi didalam mobil disetting untuk memutarkan udara didalam kabin, bukan untuk mengambil udara segar dari luar mobil. Akibatnya pasokan oksigen didalam mobil menjadi sangat minim.Sedangkan penumpang yang berada didalam mobil membutuhkan banyak oksigen untuk tetap bertahan hidup.
Baca juga : Remot mobil tidak fungsi? Cek bagian ini
Keracunan dan kekurangan oksigen
Keracunan dan kekurangan oksigen
2. Alasan yang kedua adalah adanya kemungkinan terjadi kebocoran atau ventilasi yang bermasalah sehingga ada gas buang dari mesin yang masuk dan terjebak di dalam kabin mobil. Hal tersebut mengakibatkan kadar karbon dioksida (c02) di dalam kabin mobil menjadi tinggi.
Baca juga : Cara pasang filter ac kabin mobil

Dalam keadaan mobil diam dan mesin hidup,gas buang tidak akan terbawa angin kebelakang dan akan berputar putar disekitar mobil saja.Lebih parah lagi jikalau tidak ada angin disekitar mobil yang diparkir tersebut.

Kondisi yang akan terjadi setelahnya jika dalam waktu beberapa jam biasanya badan akan menjadi lemas atau pingsan. Dan jika anda tidak segera keluar dari dalam mobil,maka bisa menyebabkan kematian karena keracunan atau kekurangan oksigen.
Baca juga : Cara setting ketinggian sinar lampu depan

Nah agar anda tidak mengalami hal tersebut diatas,sebaiknya perhatikan cara istirahat atau cara tidur anda ketika merasa lelah dalam perjalanan jauh. beberapa tips dibawah bisa anda praktekan untuk mencegah terjadinya hal yang tidak kita inginkan.

Tip tidur atau istirahat ketika dalam sebuah perjalanan?
1.Pinggirkan mobil anda dan cari tempat yang sekiranya ramai dan aman untuk istirahat, seperti di rest area atau spbu.

2.Jika anda membawa penumpang,sebaiknya bilang ke penumpang anda untuk tidak tidur. Suruh dia berjaga disekitar mobil sambil ngopi misalnya untuk mengantisipasi tindak kejahatan yang tidak kita inginkan seperti pencurian barang akibat semua penumpang tertidur.Toh nanti dia masih bisa tidur lagi didalam mobil ketika dalam perjalanan .
Baca juga : Penyebab pemantik mobil tidak fungsi
Tip tidur didalam mobil yang aman
Tip tidur didalam mobil yang aman
3.Jika memungkinkan,cari penginapan atau hotel terdekat untuk tidur dan beristirahat

4.Jika anda terpaksa tidur didalam mobil,sebaiknya perhatikan hal berikut ini :

Usahakan matikan mesin mobil anda dan buka kaca mobil seperlunya,misalnya hanya 5 jari saja yang penting ada celah untuk sikulasi udara keluar masuk dan jangan lupa untuk mengunci semua pintu mobil.Jangan dibuka terlalu lebar karena pencuri bisa ada dimana saja tak terduga.
Baca juga : Tips merawat ac mobil agar etap dingin

Setelah tidur dirasa cukup,anda bisa melanjutkan kembali perjalanan ke tempat tujuan.
Demikian sedikit penjelasan mengapa tidur didalam mobil bisa menyebabkan kematian penumpang. Semoga bermanfaat.Jika ada yang kurang atau ada yang salah atau mungkin ada opini lain silahkan tuliskan di komentar.

Post a Comment for "Tidur di Mobil Bisa Menyebabkan Kematian? Ini Penyebabnya!"