Tabrakan Beruntun,Siapa Yang Salah Dan Yang Harus Bertanggung Jawab?

Mungkin anda sering mendengar berita atau melihat langsung kejadian mobil tabrakan beruntun di jalan raya. Baik itu jalan tol maupun jalan non tol. Atau bahkan anda pernah mengalaminya sendiri kecelakaan tabrakan beruntun ini.


Mobil Tabrakan beruntun siapa yang salah
Mobil tabrakan beruntun
Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya tabrakan beruntun di jalan. Beberapa diantaranya adalah :

Jarak antar kendaraan yang terlalu dekat

Menjaga jarak antar kendaraan ini penting untuk keamanan agar ketika kendaraan didepan tiba tiba rem mendadak atau mati mendadak,kita masih ada space untuk melakukan pengereman atau kontrol mobil misalnya dengan bermanuver untuk menghindari mobil didepan.

Rem blong

Rem blong ini juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab tabrakan beruntun. Maka selalu periksa kondisi rem mobil anda seperti minyak remnya,kampas remnya dan sebagainya. 

Kurang Konsentrasi

Penyebab tabrakan yang lain adalah kurangnya konsentrasi driver disaat mengemudi. Penyebab kurang konsentrasi ini bermacam macam,dari mulai mengantuk,pengemudi yang tengak tengok,bermain hp dan masih banyak lagi. 

Ketika konsentrasi menurun,pada umumnya pengemudi mobil akan kaget ketika didepan ada sesuatu yang tiba tiba sehingga telat atau kagok dalam mengontrol mobilnya.


Aksesoris kendaraan yang tidak berfungsi

Aksesoris aksesoris mobil yang sederhana ini penting sekali fungsinya,misalnya lampu sein,lampu stop,spion. Lampu rem yang mati bisa menyebabkan pengemudi yang belakang menjadi kaget ketika mobil tiba tiba berhenti namun tidak ada penanda lampu di mobil tersebut. Dan ini bisa menyebabkan mobil anda ditabrak dari belakang.

Itu tadi beberapa faktor penyebab terjadinya tabrakan beruntun. lalu jika sudah terjadi tabrakan beruntun,siapa yang salah dan siapa yang bertanaggung jawab untuk mengganti semua kerusakan mobil kita?


Sebagai contoh kejadianya misalnya seperti ini :

A: Mobil paling depan
B: Mobil kedua yang nabrak Mobil A
C: Mobil ketiga yang nabrak Mobil B
D: Mobil keempat yang nabrak mobil C

Mobil A tiba tiba berhenti mendadak lalu mobil B menabrak mobil A,begitu seterusnya sampai terakhir D menabrak C. Mobil B dan C menabrak dan tertabrak sehingga kerusakan ada di kedua bagian yaitu depan dan belakang.


Dalam posisi ini yang paling parah kerusakan adalah mobil B dan C karena depan menabrak dan belakang tertabrak.


Yang akan dilakukan berikutnya biasanya saling adu argument agar kerusakan mobil sendiri bisa dicover oleh orang yang menabrak. Namun biasanya sulit mendapatkan kesepakatan jika masing masing pengemudi meminta dicover oleh pengemudi yang menabraknya.


Mobil A akan menyalahkan pengemudi mobil B karena tidak jaga jarak,begitupun mobil B dan C akan menyalahkan belakangnya. Selain itu, pengemudi mobil B akan menyalahkan mobil A karena mengerem secara mendadak atau tiba tiba dan menyalahkan mobil C karena tidak jaga jarak aman.


Perundingan belum juga mendapatkan win win solution akhirnya dimediasai oleh jasa marga atau DLLAJ ataupun kepolisian yang bertugas atau yang ada di tempat kejadian.


Dan biasanya pihak kepolisian atau petugas jalan akan menyarankan untuk diselesaikan secara kekeluargaan dengan memperbaiki kerusakan mobilnya sendiri sendiri karena kalau diteruskan ke jalur hukum atau pengadilan prosesnya memakan waktu yang lama.


Yang pernah mengalaminya atau punya opini silahkan ditulikan di komentar.


Siapa sebenarnya yang salah?

Siapa yang harus mengganti kerugian akibat kecelakaan?
Adakah referensi undang undang terkait kejadian tabrakan beruntun ini?
Atau bagaimakah solusi tengahnya?
Atau bagaimana meminimalisir kecelakaan tabrakan beruntun ini?

Post a Comment for "Tabrakan Beruntun,Siapa Yang Salah Dan Yang Harus Bertanggung Jawab?"